get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Minta Belanda Hapus Kebijakan Anti-deforestasi Agar Tak Rugikan Indonesia

Nias Daerah yang Sulit Ditaklukan Penjajah Belanda, Ini Faktanya

Jum'at, 28 Juli 2023 | 09:46 WIB
header img
Fakta Nias, Daerah Paling Sulit Ditaklukkan Belanda. Prajurit sengit Nias Selatan berulang kali berjuang dari tentara Belanda (Foto: Dok museum-nias.org)

NIAS, iNewsSidoarjo.id - Nias merupakan wilayah di Indonesia yang berupa pulau dan kepulauan. Letaknya di sebelah barat Pulau Sumatera dan menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Utara.

Dalam catatan sejarah perjuangan bangsa, Nias termasuk wilayah di Indonesia yang paling sulit ditaklukkan oleh Belanda. Dikenal sebagai bangsa petarung, Suku Nias dengan segala kemampuannya mampu menghadapi penjajah Belanda.

Kendati peralatan yang dimiliki tidak sebanding dengan senjata modern pasukan Belanda, kenyataannya Belanda dibuat sangat kepayahan oleh Suku Nias. Seperti diketahui Nias didiami oleh suku asli yaitu Suku Nias, yang disebut dengan Ono Niha.

Mengutip dari laman museum-nias.org, berdasarkan penemuan alat-alat yang ditemukan di Gua Togi Ndrawa, diketahui bahwa Nias sudah dihuni oleh manusia lebih dari 12.000 tahun silam.

Pada umumnya orang Nias saat ini merupakan keturunan dari Ono Niha, yang datang ke Nias pada sekitar tahun 1350 M. Mereka mendirikan permukiman pertama di Sifalago Gomo, Nias Selatan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut