get app
inews
Aa Read Next : Balita dan Ayah yang Tenggelam di Sungai Taman Sidoarjo Masih Belum Ditemukan, Ini Kronologisnya

Gempar! Sungai Bawah Tanah Ditemukan di Area Tambang

Sabtu, 15 Juli 2023 | 16:46 WIB
header img
Penampakan sungai bawah tanah di area tambang batu kapur Tuban. (Pipiet Wibawanto).

TUBAN, iNewsSidoarjo.id - Temuan sungai bawah tanah membuat heboh warga Tuban. Sungai dengan debit air cukup deras itu ditemukan di dalam gua di area tambang batu kapur Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Gua itu pertama kali ditemukan oleh seorang pekerja tambang pada saat bekerja menggergaji batu kumbung bersama rekannya. Peristiwa bermulai saat itu mereka mendengar gemuruh air mengalir deras, muncul dari lubang kecil di tempat mereka menambang.

Melangsir dari iNewsTuban.id, karena penasaran, Suwarto (35) bersama penambang lain membuka lubang kecil itu hingga sekitar 60 setimeter. Setelah lubang dapat di masuki, mereka terkejut karena di bawahnya terdapat sungai dengan aliran air yang cukup deras dan jernih.

Gua sedalam lima meter dan panjang sekitar 50 hingga 70 meter itu sontak menjadi perhatian para penambang serta warga sekitar. Berbekal tangga, warga turun untuk melihat isi dalam gua. Satu per satu warga masuk dan merasakan segarnya air sungai bawah tanah yang ada di dalam gua.

"Kaget juga pas di dalam ternyata ada sungainya. Airnya jernih dan debit airnya besar," kata penambang batu kapur, Candi Saputra, Sabtu (15/7/2023).

Warga sekitar, Darsilo, mengatakan, sebelum gua ditemukan, warga mengetahui ada sumber mata air muncul dari lubang batu kapur tersebut.

Namun, setelah musim kemarau seperti saat ini, air sumber yang muncul menghilang, hingga akhirnya di temukan gua yang di dalamnya ada sungai bawah tanah.

"Kalau musim hujan itu muncul sumber air, dari lubang kecil.Muncrat ke atas hingga dua meter. Tak tahunya di bawahnya ada gua dan sungai bawah tanah," tuturnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut