get app
inews
Aa Read Next : Lupa Matikan Kompor! Rumah Warga Di Malang Ludes Terbakar

Tak Bisa Beli Sepatu Hingga Kesulitan Bayar Listrik, Berikut Kisah Kesederhanaan Hidup Hatta

Rabu, 12 Juli 2023 | 12:27 WIB
header img
llustrasi (foto: ist)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Bapak Proklamator Mohammad Hatta dikenal sebagai sosok yang sederhana dan jujur. Hatta menjadi contoh bagaimana seharusnya kehidupan seorang pejabat yang jujur, membaktikan hidup bagi negara dan bangsa.

Dikutip dari okzone.com, Rabu (12/7/2023) Dalam buku ”Untuk Republik: Kisah-Kisah Teladan Kesederhanaan Tokoh Bangsa” diceritakan bahwa Hatta sangat teliti dalam menggunakan uangnya.

Dia hanya menggunakan uang yang merupakan haknya. Hatta tidak mau menggunakan mobil dinas untuk keperluan keluarga dan pribadi, begitu juga dengan uang negara.

Uang dari negara dianggarkan untuk melancarkan tugas dan pekerjaannya sebagai seorang pejabat. Pada suatu malam pertengahan 1950-an, Hatta yang sedang membaca koran melihat iklan sepatu Baily.

Hatta yang ingin memiliki sepatu itu kemudian menggunting rapi iklan tersebut dan menyimpannya. Hatta ingin memotivasi dirinya untuk menabung dan membeli sepatu tersebut.

Namun, Hatta tidak pernah bisa mewujudkan keinginanya itu baik semasa menjadi Wakil Presiden ataupun saat ia pensiun.

Meski setelah pensiun Hatta kerap mendapat honor dari tulisan-tulisannya di media massa dan sedikit uang pensiun, namun jumlahnya tidak banyak.

Bahkan, Hatta kadang kesulitan membayar listrik dan menghidupi keluarganya dengan cara yang jujur. Kondisi keuangan Hatta ini terdengar oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang membantu sang mantan Wakil Presiden untuk membayar listrik.

Ketika Hatta meninggal dunia pada 1980, di lacinya masih tersimpan guntingan iklan sepatu Bally yang tidak sempat dibeli Hatta karena kurang uang.

Hatta memilih untuk tidak membeli sepatu itu, meskipun dia bisa memilikinya dengan jabatannya sebagai wakil presiden, apalagi dia juga berasal dari keluarga yang tak kekurangan.

Hatta bersikukuh memilih untuk tidak memilikinya karena dia memilih untuk hidup sederhana. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut