get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Esok Hari Jemaah Haji akan Tiba di Bandara Juanda, Ini Daftarnya

Senin, 03 Juli 2023 | 16:13 WIB
header img
Kedatangan jemaah haji di bandara juanda. ( Foto: ilustrasi/dokumen iNews)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Setelah sukses melayani lebih dari 38 ribu jemaah haji embarkasi Surabaya yang terbagi kedalam 88 Kelompok Terbang (Kloter) dari Bandara Internasional Juanda menuju Tanah Suci.

Manajemen Bandara Udara Internasional Juanda siap melayani periode debarkasi atau kepulangan jemaah haji ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Periode debarkasi jemaah haji tahun 2023 yang dilaksanakan selama satu bulan, dan membawa 88 kloter dengan menggunakan maskapai Saudia Arabia Airlines dan Garuda Indonesia.

Kepulangan hari pertama debarkasi, yakni Selasa (4/7), sebanyak tiga penerbangan dengan nomor penerbangan SV 5048, tiba pada pukul 13.55 WIB. Para jemaah ini berasal dari Bangkalan, kloter kedua SV 5036 pukul 15.20 WIB membawa jemaah haji asal Madiun, Bangkalan, dan Surabaya serta kloter ketiga SV 5020 pukul 16.15 WIB yang mengangkut jemaah haji asal Sampang, Bangkalan, dan Surabaya.

“Alhamdulillah seluruh jemaah haji telah diberangkatkan dari Bandara Juanda dengan selamat dan telah melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Sekarang kami fokus untuk menyambut kepulangan para tamu Allah tersebut yang akan dimulai tanggal 4 Juli hingga 4 Agustus 2023,” jelas General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar.

Sisyani menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan dengan baik kebutuhan dari sisi pengelola bandara untuk kelancaran angkutan debarkasi haji 1444 H/ 2023.

Diantaranya adalah memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan, pengaturan flow jemaah dan kendaraan hingga pengawalan bus penjemput di sisi udara.

"Kami telah memastikan kesiapan SDM dan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan debarkasi haji tahun 2023 bersama Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, CIQ, Saudia Airlines, Ground Handling, Pertamina dan Angkasa Pura Logistik serta instansi terkait lainnya,” ungkap Sisyani.

Sementara itu untuk memitigasi kemungkinan lainnya yang berdampak terhadap kelancaran operasional penerbangan reguler di Bandara Internasional Juanda, pihaknya juga selalu melakukan pemeriksaan dan memastikan fasilitas pendukung dalam keadaan prima dan laik digunakan.

"Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara serta terus melakukan pemeriksaan secara rutin untuk fasilitas-fasilitas bandara utamanya yang berada di sisi udara,“ tambahnya.

“Selamat kembali ke Tanah Air para jemaah haji asal Indonesia semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat hingga menuju ke daerah asal masing – masing. Mohon doanya supaya Bandara Juanda tetap dapat memberikan layanan maksimal hingga akhir debarkasi nantinya,” tutup Sisyani.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut