get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Cuaca Panas di Indonesia Bisa Bikin Emosian hingga Mengancam Nyawa

Kamis, 27 April 2023 | 16:51 WIB
header img
Ilustrasi cuaca panas di Jakarta (foto: ist).

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Cuaca panas yang melanda sejumlah negara, termasuk Indonesia. Kondisi cuaca tersebut tetap diwaspadai karena bisa memicu banyak hal. Salah satunya gampang tersulut emosi hingga gampang pusing kalau ke luar ruangan.

Cuaca panas juga sangat mungkin membuat emosi seseorang tidak stabil. Hal itu berdasarkan Peneliti Keamanan dan Ketahanan Kesehatan Global Griffith University Australia Dicky Budiman.

Tak hanya itu, dampak lain cuaca panas adalah susah tidur karena badan tidak mencapai kondisi nyaman untuk tidur lelap.

"Suhu yang panas gampang membuat seseorang emosian. Emosi jadi tidak stabil," jelasnya dilansir dari iNews.id Kamis (27/4/2023).

Susah tidur ini juga menjadi faktor penentu emosi tidak stabil. Kalau dibiarkan dan tidak mencari solusi, masalah akan tetap terjadi dan emosi semakin tidak stabil.

Pada kesehatan fisik, sambung Dicky, masalah yang mungkin terjadi akibat cuaca sangat panas adalah dehidrasi. Ini bisa mengancam nyawa pada kelompok lansia dan bayi.

"Lansia dan bayi adalah kelompok paling rentan alami dampak buruk cuaca panas. Dehidrasi, potensi hipertensi, hingga kelelahan parah, bahkan kematian bisa terjadi pada mereka," kata Dicky.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut