get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ruwat Desa Karangbong Sidoarjo Gelar Wayangan dengan Lakon Wahyu Kamukten, Ini Harapannya

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:20 WIB
header img
Bambang Asmuni, Kades Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo yang juga bisa dalang. (Foto : Nanang Ichwan/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo menggelar ruwat desa atau bersih desa, Sabtu (18/3/2023). Kali ini, ruwatan tersebut menghadirkan wayang kulit dengan lakon 'Wahyu Kamukten'.

Pagelaran itu di balai desa setempat yang akan dimulai menjelang tengah malam nanti, sekitar pukul 22.30 WIB dan dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo Subandi.

"Kenapa kami memilih lakon tersebut, harapan kami biar masyarakat tenteram, nyaman, saling membantu dan membangun desa untuk kepentingan masyarakat semua," ucap Kades Karangbong, Bambang Asmuni kepada iNewsSidoarjo.id.

Asmuni menjelaskan, wayang kulit dengan lakon 'Wahyu Kamukten' tersebut akan dibawakan oleh Dalang Bambang Sugiyo asal Desa Jogosatru, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

"Kemudian nanti akan kami lanjutkan sendiri. Alhamdulillah, saya kan juga bisa dalang," ucap Kades yang juga bisa dalang tersebut.

Selain acara wayangan tersebut juga digelar sejumlah acara seni lainnya yaitu Reog Singo Menggolo pimpinan Samsul Hadi, serta Campursari Madu Mulyo.

"Alhamdulillah acara ini meriah karena sejumlah UMKM juga ikut memeriahkan. Kan lihat sendiri bazar di sebelah kantor balai desa ini," ungkapnya.

Meski demikian, Asmuni meluruskan sejumlah kabar miring yang ditujukan ke Pemdes Karangbong terkait acara Haul Sesepuh Desa Karangbong Mbah Sayyid Machmud yang digelar masyarakat Desa Karangbong di area makam tersebut.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut