Pastikan Keamanan Bandara Internasional Juanda, 157 Anggota Satgaspam Gelar Latihan Pra Tugas

Yoyok Agusta
.
Jum'at, 20 Januari 2023 | 21:49 WIB
Personel dari Satuan Tugas Pengamanan ( Satgaspam) Bandara Internasional Juanda ketika melakukan latihan pra tugas. (Foto : Yoyok Agusta/iNews Sidoarjo).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Sebanyak 157 personel dari Satuan Tugas Pengamanan ( Satgaspam) Bandara Internasional Juanda melakukan latihan pra tugas. Latihan tersebut digelar di Hall Museum Penerbangan TNI AL, Juanda, Sidoarjo.

"Latihan pra tugas yang kita lakukan ini, berlangsung selama tiga hari. Latihan kita mulai dari tanggal 11 hingga 13 januari," kata Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Jumat, (20/1/2023).

Lebih jauh Heru menerangkan, latihan pra tugas meliputi pembekalan dasar materi tentang pengenalan tugas Satgaspam, kebandaraan, teori kepabeanan, teori keimigrasian, pengetahuan intelijen, pengetahuan hukum, bela diri praktis, pengenalan bahan peledak, teknik patroli dan pengamanan objek vital.

Latihan yang lakukan ini, sambung dia, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Satgaspam, serta mengoptimalkan pengamanan dan pelayanan penerbangan di Bandara Internasional Juanda.

Menurut dia, keberadaan Bandara Internasional Juanda merupakan Bandara TNI Angkatan Laut, yang mempunyai Tugas Pokok melaksanakan dukungan Administrasi dan Logistik kepada unsur-unsur TNI Angkatan Laut, sebagai bandara fasilitas pendaratan militer yang dapat digunakan secara bersama untuk pendaratan pesawat sipil.

Oleh karena itu, diperlukan Satgaspam guna pengamanan fasilitas dan kelancaran kegiatan di Bandara, seperti pengamanan VVIP, mengantisipasi berbagai ancaman dan gangguan di bandara, serta mendukung tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini