Ditentang Jerman, Polandia Ngotot Ingin Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Ahmad Islamy Jamil
.
Jum'at, 20 Januari 2023 | 18:07 WIB
Tank Leopard 2 Jerman dan rudal pertahanan Patriot untuk melawan Rusia makin besar. (Foto: Reuters).

WARSAWA, iNewsSidoarjo.id – Negara Jerman menentang rencana Polandia pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Meski ditentang, namun pihak Polandia tetap berkeras dengan rencana tersebut.

Bahkan, Polandia akan tetap mengirimkan tank Leopard 2 walau tanpa persetujuan dari Jerman, selaku produsen kendaraan tempur itu.

Perlu diketahui, tank Leopard 2 saat ini menjadi andalan tentara NATO di seluruh Eropa. Hal itu membuat Polandia dan para sekutu NATO lainnya telah mendesak Jerman agar memberi mereka “lampu hijau” untuk mengirim tank buatan Jerman itu ke Ukraina.

Desakan itu muncul di saat Kiev terus memohon-mohon agar dikirimi persenjataan berat untuk melawan agresi militer Rusia.

“Saya tidak mengesampingkan bahwa kami (Polandia) siap untuk mengambil langkah seperti (mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina) itu,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Pawel Jablonski, kepada radio RMF FM, Jumat (20/1/2023).

“Saat ini kami berusaha membuat Jerman tidak hanya menyetujui tank-tank ini dikirim oleh Polandia atau negara lain, tetapi juga melakukannya sendiri,” ujarnya.

Berlin enggan mengirim senjata ofensif berat ke Kiev. Sebab Jerman khawatir tindakan semacam itu dapat dilihat sebagai peningkatan konflik Ukraina.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini