get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ketika Puluhan Siswa SMK Plus NU Sidoarjo Sinau Jurnalistik Bareng PWI Sidoarjo

Jum'at, 13 Januari 2023 | 21:40 WIB
header img
Puluhan siswa SMK Plus NU Sidoarjo sinau atau belajar jurnalistik bareng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, di aula sekolah setempat. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Puluhan siswa SMK Plus NU Sidoarjo sinau atau belajar jurnalistik bareng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, di aula sekolah setempat, Jumat, (13/1/2023).

Kepala SMK Plus NU Sidoarjo Nur Muchamad Sholichuddin mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelatihan jurnalistik tersebut diharapkan dapat terus berlanjut setiap bulannya sehingga memiliki output.

"Dimana di dalam pelatihan ini, para siswa kami dapat memiliki skill atau kemampuan menulis yang baik dan benar. Sehingga literasi yang baik diawali dari kegiatan ini," ujarnya didampingi Ketua Panitia Arlistik I SMK Plus NU Sidoarjo Cahyani Sylvi.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan yang pertama. Ke depannya para siswa diharapkan dapat menulis hal yang baik tentang berbagai hal yang ada di SMK Plus NU Sidoarjo.

Jika nanti skill para siswa dinilai cukup baik, ucap dia, maka akan ditularkan kepada para siswa pada jenjang SMP dan MTs di Sidoarjo, tentunya dengan bimbingan para wartawan profesional.

"Dengan membawa program School Sisters SMK Plus NU Sidoarjo. Salah satu misi keterampilan yang dibawa anak-anak adalah menulis yang baik tentang sekolahnya masing-masing," terang Cak Sholeh panggilan akrab Sholichuddin.

Dalam pelatihan jurnalistik bertajuk "Merdeka Belajar, Merdeka Menulis" itu, para peserta mendapatkan materi tentang jurnalistik dari sejumlah wartawan anggota PWI Kabupaten Sidoarjo. Diantaranya materi jurnalisme dasar yang disampaikan oleh Lukman Al Farisi, wartawan Radar Sidoarjo.

Materi lainnya, yakni teknik reportase disampaikan oleh wartawan Memo-X, Sudarmawan. Dan materi teknik menulis berita disampaikan oleh Ahmad Suprayogi, wartawan Harian Bhirawa.

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo Mustain mengucapkan terima kasih kepada SMK Plus NU Sidoarjo yang telah memberikan kepercayaan kepada PWI Sidoarjo untuk bekerjasama menggelar diklat jurnalistik bagi siswa SMK Plus NU Sidoarjo.

"Kerja sama ini juga sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami karena ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi ilmu jurnalistik dengan para siswa SMK Plus NU Sidoarjo," kata Mustain.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut