get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf Ziarah ke Makam Auliya Sono Sidoarjo, Ini Pesannya

Jum'at, 06 Januari 2023 | 17:37 WIB
header img
Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf ketika tabur bunga di pusara Makam Auliya Sono di Komplek Guspujat Optronik II Puspalad di Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf berziarah ke Makam Auliya Sono di Komplek Guspujat Optronik II Puspalad di Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jum'at (6/1/2023).

Dengan didampingi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Pangdam V Brawijaya bersama rombongan terlihat khusyu' berdoa di pusara makam almagfurllah KH Muhayyin, pendiri Pondok Sono beserta dzurriyahnya. Setelah itu, melakukan tabur bunga.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf mengungkapkan dukungannya terhadap revitalisasi makam tersebut. Menurutnya, keberadaan makam ulama di komplek militer seperti ini bentuk sinergi antara TNI dengan ulama yang telah ada sejak dahulu.

Sejarah perlawanan terhadap penjajah yang dilakukan TNI bersama ulama sebagai buktinya. "Hal ini kita teruskan sampai saat ini, wujudnya hari ini kita memperbaiki makam ini dan alhamdulillah bapak Kasad berkenan meletakkan batu pertama revitalisasi makam ulama Sono,"ucapnya.

Menurutnya revitalisasi makam Sono yang disambut baik oleh KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai bentuk penghargaan kepada ulama dan masyarakat Sidoarjo . Penghargaan itu diberikan atas kebersamaan berjuang meraih kemerdekaan RI kala itu.

"Ulama dan TNI itu benteng terakhir bagi perjuangan bangsa ini,tidak bisa ulama dan TNI itu di adu domba. Karena itu, kami bersama bapak bupati akan terus melanjutkan pembangunan ini sampai selesai," ucapnya.

Perlu diketahui, terdapat enam makam utama dalam komplek tersebut, urutan yang paling sepuh yaitu KH. Muhayyin, Nyai Hj. Asfiyah (istri KH. Muhayyin, KH. Abu Mansur, KH. Zarkasyi, KH. Said dan KH. Maksum Ali.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut