get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Ketika Astronot Menentukan Arah Kiblat saat di Luar Angkasa

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:05 WIB
header img
Cara Astronot Muslim Tentukan Arah Kiblat (Foto: NASA).

Astronot itu bernama Sheikh Muszaphar Shukor, dokter muslim yang meluncurkan Soyuz TMA-11 Rusia. Sebelum lepas landas, Shukor mengatakan sementara prioritas utamanya lebih pada melakukan eksperimen, dia khawatir soal mempertahankan ibadah di luar angkasa.

Sebagai tanggapan, pemerintah Malaysia mengadakan pertemuan yang terdiri atas 150 sarjana hukum Islam, ilmuwan, dan astronot untuk membuat pedoman bagi Dr. Shukor. Para ulama mengeluarkan fatwa, atau pendapat hukum Islam yang tidak mengikat, yang dimaksudkan membantu astronot Muslim di masa depan.

Mereka menulis untuk beribadah umat Islam di luar angkasa harus menghadap Mekah jika memungkinkan. Tapi jika tidak, mereka dapat menghadap ke Bumi secara umum, atau hanya menghadap ke di mana saja, sebagaimana dikutip dari situs Harvard.

Untuk memutuskan kapan harus salah dan berpuasa selama Ramadan, para ulama menulis, umat Islam harus mengikuti zona waktu dari tempat yang mereka tinggalkan di Bumi, yang dalam kasus Dr. Shukor adalah Kazakhstan.

Untuk sujud saat salah dalam gravitasi nol, para ulama menyatakan astronot dapat melakukan gerakan yang sesuai dengan kepala mereka, atau hanya membayangkan gerakan Bumi biasa.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, berikut link beritanya :

https://www.inews.id/techno/sains/cara-astronot-muslim-tentukan-arah-kiblat-saat-di-luar-angkasa

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut