get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ratusan Kenari Red Varian Ikut Kontes Kecantikan di Juanda Sidoarjo

Minggu, 11 Desember 2022 | 18:44 WIB
header img
Ratusan Ekor Burung Kenari Red Varian dari berbagai daerah di Indonesia diikutkan dalam kontes kecantikan di GOR TNI AL di Juanda, Sidoarjo. (Foto : Yoyok Agusta/iNews Sidoarjo).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Ratusan Ekor Burung Kenari Red Varian dari berbagai daerah di Indonesia diikutkan dalam kontes kecantikan di GOR TNI AL di Juanda, Sidoarjo, Minggu (11/12/2022).

Kontes tahunan ini diikuti sekira 500 peserta penghobi burung kenari dari berbagai penjuru Indonesia. Seperti dari Bandung, Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Timur, dan sejumlah daerah lain.

“Total ada 186 ekor burung lebih yang ikut dalam kontes kecantikan burung kenari Parental V (Parade RED Variant Local ke-5) kali ini,” kata Abdul Munif, Ketua Panitia di sela kontes.

Menurutnya, ada beberapa jenis yang dilombakan. Kenari Merlok (merah lokal) polos, Kenari Merlok bon, enari black red, knari red mosaic, dan kenari merlok flex.

“Dan ada tambahan dua kelas pada momen kali ini. Yakni kenari hijau dan kenari starblue,” lanjutnya.

Dalam penjuriannya, karena ini kontes kecantikan, yang dinilai bukan suara burung. Tapi lebih pada keindahan burung atau beauty-nya. Plus penilaian tentang kesehatan dan postur burung.

“Ini acara tahunan yang lebih mengutamakan silaturrahmi untuk mewadahi para pecinta red variant di seluruh Indonesia. Harapannya, varian ini semakin banyak peminatnya,” kata dia.

Ya, sejumlah peserta memang mengaku sengaja datang dan ikut kontes untuk bersilaturahmi dengan sesama pecinta red varian. Seperti yang dikatakan Megawati Sugianto, pecinta kenari asal Batu.

Meski tidak juara, dia mengaku senang bisa ikut kontes. “Bisa silaturrahmi, kemudian sharing dengan teman-teman. Terutama dengan juaranya. Tentang bagaimana merawat burung, dan sebagainya,” kata Cece Mega, panggilan Megawati.

 

Disebutnya, sebagai pecinta burung banyak manfaat yang bisa didapat dengan ikut acara seperti ini. Seperti mengetahui kekurangan burung, memperluas komunitas, dan sebagainya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut