Kapal Selam Rusia yang Bisa Bawa Rudal Nuklir, Ini Faktanya.

Anton Suhartono
.
Senin, 05 Desember 2022 | 18:36 WIB
Rusia memiliki 10 kapal selam yang bisa membawa rudal balistik nuklir (Foto: Kemhan Rusia)

MOSKOW, iNewsSidoarjo.id - Media Rusia pekan lalu melaporkan pesawat komando Angkatan Udara Il-80 yang juga dikenal dengan pesawat kiamat menjalin komunikasi dengan kapal selam yang berada di kedalaman laut.

Pemberitaan itu membuat heboh karena komunikasi semacam itu hampir mustahil. Pesawat Il-80 merupakan pesawat yang dijadikan sebagai pusat komando militer Rusia jika terjadi perang nuklir, menjalin komunikasi dengan kapal selam rudal strategis bertenaga nuklir.

Pesawat menggunakan antena khusus untuk mendapatkan sinyal. Informasi yabg beredar itu tak urung menimbulkan pertanyaan mengenai seberapa besar kekuatan kapal selam bertenaga nuklir Rusia serta berapa banyak rudal nuklir yang mampu dibawanya?

Pertanyaan berikutnya yakni berapa banyak kapal selam Rusia yang bisa membawa senjata nuklir tersebut?

Terdapat 10 kapal selam yang bisa membawa hulu ledak nuklir. Setiap rudal balistik juga dilengkapi dengan multiple independent reentry vehicle (MIRV) yang bisa membawa beberapa hulu ledak sekaligus.

Tujuannya untuk memberikan dampak menghancurkan luar biasa pada target atau dijatuhkan di tempat berbeda dalam sekali peluncuran.

Sementara itu kapal selam Rusia yang membawanya terdiri atas lima kelas Borei dan Borei-A baru yang dioperasikan secara bertahap mulai 2010-an hingga awal 2020-an dan lima kapal selam Delfin yang selesai dibangun antara 1981 hingga 1992.

Kapal kelas Borei dan Borei-A dipersenjatai 16 rudal balistik kapal selam (SLBM) RSM-56 Bulava dengan masing-masing dilengkapi 6 sampai 10 MIRV.

Rudal ini mulai beroperasi pada 2018 setelah hampir 20 tahun dikembangkan. Setiap rudal memiliki kekuatan setara 100 hingga 150 kiloton TNT. Sebagai perbandingan, bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima pada 1945 setara 15 sampai 20 kiloton TNT.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini