Desa Tambak Cemandi Sidoarjo Manfaatkan Sungai Jadi Destinasi Wisata

Nanang Ichwan
.
Minggu, 27 November 2022 | 21:10 WIB
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi ketika menikmati wisata susur sungai Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo - Pemerintah Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo cukup cerdas membaca dan memanfaatkan potensi alam menjadi ladang bisnis.

Ya, Desa Tambak Cemandi yang berada di sisi timur Kabupaten Sidoarjo atau tepatnya di wilayah pesisir itu memanfaatkan sungai menjadi lahan destinasi wisata air yang disebutnya susur sungai dengan menggunakan perahu.

Perahu dengan kapasitas 12 penumpang itu menjadi moda transportasi wisata susur sungai. Desa Tambak Cemandi melalui BUMDesnya memiliki dua armada perahu berwarna putih.

Kepala Desa Tambak Cemandi Khoirudin berharap dengan hadirnya wisata susur sungai ini, Desa Tambak Cemandi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu wisata tersebut dapat menjadi icon Desa Tambak Cemandi.

“Dengan adanya Wisata Susur Sungai dan Cafe Kalitekung ini, semoga kedepan masyarakat Desa Tambak Cemandi tambah makmur dan sejahtera,” harapnya.

Hadirnya wisata susur sungai di Desa Tambak Cemandi itu mendapat antusias dan respon baik dari Wakil Bupati Sidoarjo Subandi. Bahkan, Ketua DPC PKB Sidoarjo itu meresmikan destinasi susur sungai dan Cafe Kalitekung yang merupakan usaha BUMDes Tambak Cemandi.

Subandi juga sempat menjajal destinasi wisata tersebut. “Pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek. Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB, baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi,” ucap Subandi.

Selain itu, lanjut dia, di sektor pariwisata juga dapat membuka peluang usaha jasa pariwisata, baik langsung maupun tidak langsung, dan membuka peluang kerja yang sangat banyak. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Tambak Cemandi dan sekitarnya.

Program Desa Wisata, ujar Subandi, tidak lepas dari program Presiden RI Joko Widodo. "Wisata desa menjadi salah satu prioritas Presiden, terutama di tahun 2023. Warga diarahkan untuk berwisata di desa-desa, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," jelasnya.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini