Ini Jumlah Sekolah di Sidoarjo Manfaatkan Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022-2023

Nanang Ichwan
.
Selasa, 15 November 2022 | 23:15 WIB
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Jumlah sekolah di Kabupaten Sidoarjo yang telah menerapkan kurikulum 'Merdeka Mengajar' tahun ajaran 2022-2023 saat ini sudah cukup banyak.

“Sekolah yang melaksanakan kurikulum merdeka di Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2022-2023, jenjang PAUD 132 lembaga, SD sekitar 570 an dengan prosentase 98 persen, SMP 177 an dengan prosentase 95 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi ketika pidato dalam seminar pendidikan di salah satu hotel di Sidoarjo, Selasa (15/11/2022).

Tirto menyampaikan jumlah tersebut ketika seminar meningkatkan kompetensi guru dengan topik seminar “Serempak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar” relevan dengan kebijakan pemerintah pusat, dan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional.

Tirto mengatakan, prosentasi guru yang telah memanfaatkan platform Kurikulum Merdeka Mengajar dari jumlah guru seluruhnya akan ketemu ‘adoption rate. Pemanfaatan platform merdeka belajar dengan adoption rate jenjang PAUD 90,6 persen,jenjang SD 99,6 persen, jenjang SMP 98,3 persen.

“Pada kesempatan ini juga dilaunching aplikasi Si Berpijar (Sidoarjo Bergerak dengan penuh Inovasi untuk Perkembangan). Aplikasi ini memberikan penguatan pada guru untuk belajar dan berbagi terkait perangkat pembelajaran, bahan ajar, media online berdasarkan potensi guru dan kearifan lokal di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Seminar Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Guru ini sifatnya mandiri, diikuti oleh 777 peserta terdiri dari penilik, pengawas, kepala sekolah, kepala madrasah, guru dari jenjang PAUD, SD/ MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Keynote speaker dari Kepala BSKAP Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, S.Psi, M.Phil, Ph.D.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini