get app
inews
Aa Read Next : Arus Balik, Polresta Sidoarjo Kembali Gelar Tes Urine Kru Bus di Terminal Purabaya

Tim Gabungan di Sidoarjo Masih Temukan Apotek Pajang Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
header img
Petugas gabungan saat razia sirop di apotek Sidoarjo. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Masih saja ada apotek di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang menjual berbagai sirop yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

Hal itu ditemukan petugas gabungan yang terdiri Dinas Kesehatan dan Polresta Sidoarjo ketika merazia sejumlah apotek di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya.

Dilansir dari iNews.id, petugas gabungan akhirnya mengambil tindakan tegas meminta pengelola opotek untuk mengumpulkan sirup anak itu dan tidak menjualnya.

"Sesuai anjuran pemerintah sirop ini untuk sementara tidak boleh diedarkan," kata Kanit Tipiter Satreskrim Polresta Sidoarjo Iptu Rizal Broga dilansir dari iNews.id, Minggu (30/10/2022).

Rizal mengungkapkan, razia apotek ini dilakukan Tim Gabungan Dinkes dan Polresta Sidoarjo dilakukan secara rutin dan berkala setelah Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran terkait larangan peredaran sejumlah jenis obat sirop anak karena diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak. Meski demikian, pada razia ini pihaknya melakukan pendataan dan memastikan tidak ada lagi sirop yang diedarkan.

"Mereka yang diketahui masih menjual diimbau untuk menyimpan sirop tersebut atau mengembalikannya kepada distributor," pungkas perwira dua balok di pundak itu.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, berikut link beritanya :

https://www.google.com/amp/s/jatim.inews.id/amp/berita/razia-apotek-di-sidoarjo-petugas-masih-temukan-sirop-penyebab-gagal-ginjal-beredar

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut