get app
inews
Aa
Read Next : Sorong Mencekam! 5 Anggota Terluka Akibat Bentrok Personel Pomal dan Brimob

Lebih Dikenal dengan Nama Maleo, Berikut Kisah Kopassus Tugas dI Papua

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 19:35 WIB
header img
Prajurit Kopassus di Papua yang lebih dikenal dengan nama sebutan Maleo. (Foto : Kopassus)

JAKARTA, iNewssidoarjo.id - Komando Pasukan Khusus atau biasa dikenal dengan Kopassus punya kedekatan yang tak bisa dilepaskan dengan Tanah Papua.

Tidak hanya pernah bertempur merebut Papua dari tangan Belanda yang dulu dikenal dengan Irian Barat, namun ternyata hampir semua anggota Kopassus pernah mendapat penugasan di Papua.

Selama bertugas di Papua, prajurit Kopassus tak hanya sekadar menjaga kedaulatan NKRI melalui senjata, tetapi juga merebut hati warganya dengan pendekatan humanis.

Menariknya, masyarakat pedalaman Papua ternyata lebih mengenal prajurit Kopassus dengan nama Maleo. Nama Maleo ini melekat kepada seluruh anggota Kopassus yang bertugas di Papua.

Melangsir dari iNews.id bahkan ketika nama menggunakan nama Satgas Mandala untuk penugasan di Papua, tetap masyarakat mengenalnya dengan Pos Maleo.

Dikutip dari buku Kopassus Untuk Indonesia karangan Iwan Santosa EA Natanegara, menceritakan pengalaman seorang prajurit Kopassus Letda Gondolpus Borlak ketika bertugas di Papua.

Selama masa penugasan, dia telah menjadi sahabat warga di Tanah Cendrawasih. Dikisahkan, saat itu warga Papua masih banyak tertinggal pembangunannya, khususnya di wilayah pedalaman.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut