Inilah 3 Komandan Denjaka, Pasukan Elit TNI AL yang Miliki Banyak Brevet

Tim SINDOnews
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 11:26 WIB
Mantan Komandan Denjaka Letjen TNI (Mar) Suhartono. FOTO/PEN KORMAR

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Ada tiga Komandan Detasemen Jalamangkara, unit pasukan elite yang dimiliki TNI Angkatan Laut yang memiliki banyak brevet.

Ketiga komandan itu tak hanya miliki brevet dari satuannya, namun mereka juga memperoleh dari matra lain, bahkan pasukan militer luar negeri.

Brevet merupakan tanda kemahiran, kehormatan, pengabdian, tanggung jawab atau kualifikasi yang diberikan oleh korps atau angkatan kepada seorang prajurit.

Perlu diketahui, Denjaka merupakan pasukan yang memiliki tugas pokok membina kemampuan antiteror dan antisabotase serta kemampuan klandestin aspek laut.

Tak sembarang prajurit TNI AL bisa masuk dalam pasukan Denjaka, apalagi menjadi seorang Komandan. Mereka harus melalui berbagai pendidikan dan pelatihan yang sulit.

Setelah dinyatakan lulus, anggota Denjaka akan diberikan brevet sebagai tanda kehormatan.

Berikut 3 Profil Komandan Denjaka yang Miliki Brevet Terbanyak sebagaimana dilansir dari SINDOnews.com, Kamis (13/10/2022).

1. Letjen TNI (Mar) (Purn) Raden Mas Trusono, SMn, MM

 

Letjen TNI (Mar) (Purn) Raden Mas Trusono, seorang perwira tinggi TNI AL yang lulus dari Sekolah Calon Tamtama atau Secata Wamil TNI AL (1979). Ia sudah mengikuti 15 pendidikan militer, di antaranya Dik Komando Mar (1983), Dik Para Dasar TNI AU (1983), AAL (1985), dan berbagai pendidikan militer lainnya.

Trusono memulai karirnya sebagai Prajurit Dua Tamtama Remaja di Yontankfib, lalu dilanjut menjadi Letnan Dua hingga Letnan Jenderal. Namun kini, Trusono beralih ke bidang sipil dan menjabat sebagai Kepala Yayasan Sosial Bhumyamca (Yasbhum).

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini