Logo Network
Network

Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi, Klaim Mahfud MD

Riana Rizkia , MNC Portal
.
Rabu, 14 September 2022 | 14:19 WIB
Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi, Klaim Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: dok Kemenkopolhukam)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan, jika tim khusus sudah mengidentifikasi peretas atau hacker dengan nama Bjorka.

"Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini, memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," kata Mahfud MD di kantornya, Rabu (14/9/2022).

Dikutip inewssidoarjo.id dari okezone.com. Meski sudah berhasil mengidentifikasi hacker Bjorka, namun Mahfud MD menyebut bahwa tim khusus belum dapat mengumumkannya.

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, tim khusus perlindungan data sudah mengetahui sosok Bjorka melalui bantuan alat pelacak.

"tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," ucapnya.

Mahfud sebelumnya mengatakan bahwa data yang disebarkan oleh hacker Bjorka bukanlah data rahasia, dan belum ada hal yang membahayakan.

Namun pembentukan timsus ini, kata Mahfud, tetap harus dilakukan untuk meminimalisir adanya kebocoran data yang sifatnya rahasia.

"Ya, untuk melindungi data yang sifatnya rahasia negara. Mumpung sekarang belum ada yang bisa dibobol. Kalau yang dari Bjorka sekarang itu kan bukan rahasia, itu bisa diambil dimanapun. Data pribadi tentang saya misalnya, di Youtube ada, di Google ada, di buku-buku saya juga ada" kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

"Dalam pada itu Satgas itu sebenarnya lebih untuk menyongsong UU Perlindungan Data Pribadi yang sudah disetujui di Tk I DPR dan sekarang tinggal ketuk palu.

Selama ini RUU tersebut masih dibahas di DPR," sambungnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini