Chef Ade Bikin Batagor dan Mie Seblak yang Enak, Ini Rahasia

Yaomi Suhayatmi
.
Selasa, 13 September 2022 | 10:12 WIB
Menggunakan kompor Induksi, Memasak jadi lebih mudah

KULINER, iNewsSidoarjo.id-Kompor induksi sangat praktis untuk membuat resep masakan apa pun. Sumber panas dari listrik menjamin masakan lebih cepat matang merata. Termasuk saat memasak dua menu kuliner khas Jawa Barat, yakni mie seblak dan batagor.

Hanya dengan menggunakan kompor induksi, cara membuat kedua resep pun jadi makin gampang. Seperti terlihat dalam Live IG cooking demo Chef Ade Koerniawan 'Kompor Induksi Pasti Lebih' hari ini, Kamis (8/9/2022).

Ade Koerniawan memperagakan cara meracik kedua menu ini secara berurutan, dimulai dari mie seblak. Menu yang sangat fenomenal berbahan utama mie ini cara membuatnya sebenarnya seperti membuat mie rebus biasa, hanya dengan tambahan sayur dan ayam serta bumbu yang lebih banyak, seperti kubis, daun bawang, tomat, dan sawi. Menu kedua adalah batagor.

Kalau kita jalan-jalan ke Bandung dan mampir kawasan kuliner di mana pun di kota ini, hampir dipastikan ada menu kebanggaan Jawa Barat satu ini.

"Ini menu khas Jawa Barat yang cita rasanya sudah diakui dunia," kata chef jebolan MasterChef Indonesia Season 6. Cara membuat batagor, seperti diperagakan Chef Ade, siapkan ayam yang sudah digiling lembut dan ikan tenggiri yang juga sudah lumat.

Kedua bahan utama ini diaduk sampai menyatu di dalam mangkuk. Agar lebih cepat menyatu tambahkan satu butir telur serta tepung tapioka. Tambah bumbu penyedap secukupnya, jangan lupa daun bawang.

"Aduknya perlahan, jangan dengan nafsu. Setelah rata tambahkan kecap ikan satu sendok makan," ujar chef lulusan Taylor University Malaysia ini.

Sebelum digoreng adonan tadi dibungkus dengan pangsit aneka bentuk. Lalu boleh dikukus dulu, apabila mau dijual. Boleh juga langsung digoreng. Kata Chef Ade, batagor lebih enak tentunya dengan tambahan bumbu kacang atau saus dan jeruk nipis wajib sifatnya.

Membuat resep apapun termasuk mie seblak dan batagor, dua kuliner khas Jawa Barat ini jadi makin asyik dengan menggunakan kompor induksi. Hal ini karena 'Kompor Induksi Pasti Lebih' pasti lebih mudah, nyaman, dan aman menggunakan kompor induksi.

"Kompor ini sangat membantu ibu-ibu yang waktunya sangat berharga. Karena kompor Induksi ini cepat panas sehingga masakan lebih cepat matang," ujar chef kelahiran 1995 ini.

Sambil mengaduk adonan batagor serta menyiapkan minyak dan penggorengan di atas kompor Induksi yang terlihat tipis, simpel dan mewah, ia juga menginformasikan kabar baik tentang program tambah daya PLN.

Hanya 150.000 ribu rupiah saja bisa tambah daya mulai dari 2.200 VA sampai 11.000 VA.

"Caranya sesuai dengan mekanisme penerbitan e-voucher bagi pelanggan yang memiliki kompor induksi melalui pihak yang telah bekerja sama dengan PLN. Kompor induksi bukan hanya aman karena menggunakan energi listrik yang praktis, tidak membuat panci dan penggorengan hitam oleh jelaga, juga bisa membantu program pemerintah dalam mengurangi subsidi gas LPG," katanya.

Dalam acara Live IG ini, PLN juga memberi hadiah kepada penonton berupa voucher token listrik. Wah asyik! iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan
Bagikan Artikel Ini