get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Sukses Kelola Potensi Daerah, Bupati Gus Muhdlor Raiih Best Leadership Based on Potential Area Devel

Selasa, 06 September 2022 | 10:38 WIB
header img
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menerima Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id-Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P melalui program KURDA Sayang berhasil menerima penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) dalam kategori Best in Leadership based on Potential Area Development.

Penghargaan Visionary Leaders Certificate of Presentation tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Ahmad Muhdlor Ali di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Senin (5/9/2022).

Melangsir dari okezone.com, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyatakan kebanggaannya. Prestasi ini diperoleh karena capaian pertumbuhan ekonomi di daerahnya yang meningkat pesat.

Pertumbuhan ekonomi Sidoarjo pada 2021 akhir berdasarkan data BPS sebesar 4,21 persen lebih baik dari tahun sebelumnya hanya 3,69 persen. Sedangkan pada 2022 sinyal pemulihan perekonomian dari efek pandemi Covid-19 mulai terlihat.

Keberhasilannya dalam menjalankan roda perekonomian di daerahnya ini berkat program Kredit Usaha Rakyat atau KUR (KUR Sayang) yang disalurkan kepada UMKM.

Diketahui, pada akhir 2021 sudah tersalurkan hingga Rp2,8 miliar dan selama kurun waktu Triwulan I Tahun 2022 sudah terserap Rp6,8 miliar. Subsidi bunga dari Pemkab Sidoarjo sebesar Rp2,5 miliar pada semester I ini sudah habis terserap.

Tak hanya itu, program Bupati Sidoarjo ini mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha program KURDA Sayang dengan bunga ringan sebesar 3 persen per tahun, khususnya untuk meningkatkan pengembangan usaha jenis UMKM dengan sasaran ibu-ibu.

Ia juga menyatakan program lain untuk UMKM dan termasuk satu-satunya adalah menaikkelaskan 20 ribu UMKM yaitu dari UMKM yang tidak berizin menjadi berizin. Selain itu, membantu sertifikasi halal UMKM yang belum memiliki sertifikat.

Semua capaian tersebut berhasil mengantarkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berhasil membawa pulang trofi penghargaan kategori Certificate of Presentation dalam ajang IVL 2022. Dirinya pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan turut bahu-membahu dalam mendorong Kabupaten Sidoarjo untuk terus tumbuh dan pulih dari pandemi Covid-19.

"Dengan potensi daerah luar biasa yang dimiliki Sidoarjo sekarang dibutuhkan strategi dan penanganan ektra terlebih kita semua masih bersama - sama bangkit pasca pandemi Covid-19, dan melalui program daerah seperti KURDA Sayang, KURMa dan program strategis lainya harapannya Sidoarjo semakin pesat tumbuh dan berkembang menjadi kawasan potensi strategis penyokong pembangunan nasional," terang Gus Muhdlor.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut