get app
inews
Aa Read Next : Warga Bantul Yogyakarta Ini Sukses Olah Daun Kelor Jadi Berbagai Macam Produk Makanan

Inilah 5 Kota Terkecil di Jateng, Luasnya Tak Sampai 100 KM

Selasa, 02 Agustus 2022 | 23:08 WIB
header img
Peta 5 kota terkecil di Jawa Tengah.

JAKARTA, iNews.id – Provinsi Jawa Tengah ternyata punya sejumlah kota kecil. Bahkan, luas kota terkecil di Jawa Tengah itu tidak sampai 100 kilometer persegi. Hal itu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah 2022.

Kenyataannya, ada 5 kota terkecil di Jawa Tengah memiliki luas yang tak begitu besar. Meskipun begitu, kota-kota tersebut memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi dan mampu menyaingi kabupaten atau kota yang memiliki kawasan wilayah yang luas.

Berikut daftar 5 kota terkecil di Jawa Tengah.

1.Kota Magelang

Kota terkecil di Jawa Tengah yang pertama adalah Kota Magelang. Kota ini menjadi yang paling kecil di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dijuluki sebagai kota 1.000 bunga, hanya memiliki luas sebesar 16.06 kilometer persegi.

2. Kota Tegal

Kota terkecil di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Tegal. Kota Tegal merupakan kota terkecil kedua di Jawa Tengah setelah Kota Magelang. Kota Tegal hanya memiliki luas 39,68 kilometer persegi.

3. Pekalongan

Kota Pekalongan merupakan kota terkecil ketiga yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini hanya memiliki luas 45,25 kilometer persegi. Jumlah penduduk Kota Pekalongan sebanyak 315.997 jiwa dengan kepadatan 6.983 jiwa per kilometer persegi.

4. Kota Solo

Kota terkecil di Jawa Tengah berikutnya adalah Kota Solo. Kota Solo merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di Jawa Tengah dan memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

5. Kota Salatiga

Kota terkecil di Jawa Tengah yang terakhir adalah Kota Salatiga dengan luas wilayah 57,4 kilometer persegi. Kota Salatiga menjadi salah satu kota yang paling luas di Jawa Tengah dari kota-kota sebelumnya yang hanya memiliki lahan di bawah 50 kilometer persegi.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul :

https://jateng.inews.id/infografis/infografis-5-kota-terkecil-di-jawa-tengah?_ga=2.25305214.254323648.1658299606-amp-qAkCbF3yf5SnylrLhrEv36C_GNG7CMxzpucLiCkeUF_CrJesFIZpCU-P28-adk-v

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut