get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Mensos Risma: Itu Bukan Zaman Saya Terkait Beras Bansos Dikubur di Depok

Senin, 01 Agustus 2022 | 13:40 WIB
header img
Menteri Sosial Tri Rismaharini merespons temuan bantuan sosial (bansos) beras Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikubur dalam tanah kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022). (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini merespons terkait temuan bantuan sosial (bansos) beras Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikubur dalam tanah kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).

Risma menyebut penimbunan tersebut terjadi bukan pada zamannya.

Melangsir dari iNews.id sejak pertama kali bertugas sebagai Mensos, Risma menyebut Presiden Jokowi telah menginstruksikan penyaluran bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai.

"Jadi yang jelas itu bukan zaman saya. Karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan jangan bantuan berupa barang, tapi bantu dalam bentuk uang. Itu pesan Bapak Presiden ke saya," kata Mensos Risma usai Acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (1/8/2022).

Risma menegaskan saat dirinya menjabat Mensos, bansos reguler disalurkan dalam bentuk uang tunai baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Sehingga saya mulai membantu dalam bentuk uang, jadi kenapa ada yang menanyakan (bansos) kenapa uang," ujar dia.

Mantan Wali Kota Surabaya ini pun mengatakan dalam peraturan presiden memang diperbolehkan untuk memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai.

"Tapi itu salah satu dan itu memang aturannya boleh di Perpres tentang bantuan itu boleh dalam bentuk uang dan barang," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, temuan bansos presiden ditimbun di dalam tanah di Depok tersebut dilaporkan ke Polres Metro Kota Depok.

“Pihak terlapor JNE, dalam hal ini saudara A karena diduga dia yang memerintahkan. Dan mungkin nanti ada laporan pidana umumnya, penggelapan, laporan nanti dari Kemensos mungkin, dan ini diduga ada indikasi keterlibatkan oknum aparat dan ASN,” kata Rudi Samin selaku warga yang membongkar timbunan Bansos Presiden di Sukmajaya, Depok, Minggu (31/7/2022). iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut