Logo Network
Network

Mantan PM Jepang Terlama si Pemilik Jargon Abenomics, Shinzo Abe Ditembak

Feby Novalius , Okezone
.
Jum'at, 08 Juli 2022 | 14:35 WIB
Mantan PM Jepang Terlama si Pemilik Jargon Abenomics, Shinzo Abe Ditembak
Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak saat Berpidato. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id-Mantan Perdana Menteri terlama Jepang Shinzo Abe ditembak saat berpidato. Lembaga penyiaran publik NHK melaporkan, Abe ditembak di bagian dadanya.

Melangsir dari okezone.com saat menjabat Shinzo Abe berjanji menghidupkan kembali ekonomi Jepang yang telah lama stagnan.

Dirinya melonggarkan batasan konstitusi pasifis pasca-Perang Dunia Kedua dan mengembalikan nilai-nilai tradisional. Salah satu cara Shinzo Abe untuk membangkitkan ekonomi Jepang yang sangat dikenal adalah kebijakan Abenomics.

Strategi Abenomics dibuat untuk mengalahkan deflasi yang terus-menerus dan menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi Jepang dengan kebijakan moneter yang sangat mudah dan pengeluaran fiskal, bersama dengan reformasi struktural untuk mengatasi populasi yang cepat menua dan menyusut.

Sementara itu, Shinzo Abe juga berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo. Dirinya memiliki keinginan untuk memimpin Olimpiade dan bahkan muncul sebagai karakter video game Nintendo Mario selama penyerahan Olimpiade.

Namun pada musim panas 2020, dukungan publik telah terkikis oleh penanganannya terhadap wabah Covid-19 serta serangkaian skandal termasuk penangkapan mantan menteri kehakimannya Dirinya pun mengundurkan diri tanpa memimpin Olimpiade, yang ditunda hingga 2021 karena Covid-19.

Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (8/7/2022). Abe menjadi perdana menteri terlama di Jepang. Dia pertama kali menjabat pada 2006 sebagai perdana menteri termuda Jepang sejak Perang Dunia Kedua.

Setelah setahun kepemimpinannya diwarnai skandal politik, kemarahan pemilih karena kehilangan catatan pensiun, dan kekalahan pemilihan untuk partai yang berkuasa, Abe berhenti dengan alasan kesehatan yang buruk.

"Yang paling mengkhawatirkan saya sekarang adalah karena pengunduran diri saya, cita-cita konservatif yang diangkat oleh pemerintahan Abe akan memudar," tulis Abe waktu itu.

Lima tahun setelah mengundurkan diri, yang dirinya dituduh sebagai penyebab penyakit usus kolitis ulserativa, Abe memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang konservatif - yang digulingkan pada 2009 - kembali berkuasa.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.