get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Isi Pertemuan dengan Putin Diungkapkan Presiden Jokowi, Bahas Perdamaian hingga Pasokan Pangan

Jum'at, 01 Juli 2022 | 11:43 WIB
header img
Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (foto: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya dapat bertemu langsung Presiden Rusia Vladimir Putin di di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Jokowi pun mengungkapkan isi pertemuan tersebut yang dibahas dalam pertemuan dengan Putin.

"Beberapa hal yang saya bahas dan saya sampaikan dalam pertemuan. Yang pertama, bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri indonesia," ujar Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022).

Jokowi mengatakan konstitusi mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

"Dalam konteks inilah saya melakukan kunjungan ke Kiev dan ke Moskow," katanya.

Dia mengatakan kepada Putin bahwa walaupun situasi saat ini masih sulit, namun penyelesaian damai sangat penting serta harus mengedepankan juga ruang-ruang dialog.

Jokowi juga mengaku telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Putin.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi.

Hal lain yang dibahas adalah terkait masalah pangan dan pupuk yang menjadi permasalahan kemanusiaan dan kepentingan masyarakat dunia.

Banyak orang terdampak akibat rantai pasokan pangan dan pupuk yang terganggu terutama di negara-negara berkembang akibat konflik Rusia dengan Ukraina.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia dan juga Ukraina. Ini sebuah berita yang baik," ungkapnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut