Misteri 136 Tahun Terpecahkan, Siapakah Sosok Jack The Ripper ?

Rahman Asmardika
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Mary Ann Nichols, Annie Chapman, Elizabeth Stride, Catherine Eddowes, dan Mary Jane Kelly dibunuh selama sembilan minggu dari Agustus hingga November 1888. Mereka semua mengalami luka di leher, luka post-mortem, termasuk di vagina, dan bagian tubuh diambil dari Chapman, Eddowes, dan Kelly.

Mayat korban keempat, Catherine Eddowes, ditemukan dalam keadaan termutilasi pada 30 September 1888 di trotoar di Mitre Square. Bersama mayat Eddowes, dengan kondisi kepala hampir putus dan hidung terpotong, ditemukan juga selendang sutra yang berlumuran darah.

Dilansir Daily Express, hampir 120 tahun kemudian pada 2007, Edwards, seorang pengusaha London utara, menemukan selendang yang diduga milik Eddowes itu di sebuah lelang di Bury St Edmunds, Suffolk.

Penasaran, tetapi skeptis, dia membelinya dan menemukannya dalam kondisi sangat baik dengan apa yang tampak seperti darah dan bahkan noda air mani masih ada di pakaian itu. Belakangan diketahui bahwa selendang itu disimpan oleh Sersan Polisi Amos Simpson, yang membawa jasad Eddowes ke kamar mayat.

Simpson kemudian menjadikan selendang tersebut sebagai hadah untuk istrinya. Meskipun dia tidak pernah memakainya, selendang itu tetap menjadi milik keluarga selama beberapa generasi dan dilelang oleh keponakan buyut Sersan Simpson, David Melville-Hayes.

Edwards terkejut bahwa selendang sutra yang sangat indah, yang dihiasi dengan bunga-bunga itu adalah milik Eddowes, karena dia adalah seorang pemabuk yang sangat miskin. Namun, desain dan pewarna yang digunakan tampak seperti yang diproduksi di St.

Petersburg pada masa itu. Hal ini menyebabkan Edwards mempertimbangkan apakah itu sebenarnya adalah milik sang pembunuh, dengan Kosminski sebagai tersangka utama, berasal dari Kekaisaran Rusia.

Dari dugaan ini Edwards melakukan serangkaian tes DNA yang panjang pada noda darah dan air mani yang diduga, dengan bantuan kerabat jauh korban dan tersangka. Hebatnya, ada kecocokan positif antara noda darah dan keturunan langsung dari Eddowes yang tidak disebutkan namanya.

Permintaan untuk menggali jenazah Kosminski ditolak, namun, DNA yang ditemukan pada noda air mani juga cocok dengan salah satu keturunan saudara perempuan Kosminski. Edwards melihat ini sebagai bukti konklusif mengenai identitas Jack the Ripper - sebuah kasus yang belum terpecahkan sejak 1888. Kosminski lahir pada 11 September 1865, yang berarti ia berusia 22 dan 23 tahun saat pembunuhan itu terjadi.

Ia tumbuh di Klodawa, dekat Warsawa, Polandia sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara, ayahnya meninggal saat ia baru berusia delapan tahun. Ibunya menikah lagi dan catatan menunjukkan bahwa ia mungkin telah dilecehkan secara seksual oleh ayah tirinya. Pada 1882, enam tahun sebelum pembunuhan, keluarganya melarikan diri ke East End London untuk menghindari anti-Semitisme yang menyebar di seluruh Eropa timur setelah kematian Tsar Alexander II setahun sebelumnya.

Selama penyelidikan pembunuhan, Dr Robert Anderson, kepala Departemen Investigasi Kriminal London, telah menetapkan Kosminski sebagai tersangka utama sebagai pembunuhnya.

Laporan polisi yang sebelumnya dirahasiakan, yang diterbitkan pada 1894 sebagai Memorandum Macnaghten, mencatat bahwa detektif percaya bahwa ia memiliki "kebencian besar terhadap wanita, khususnya dari kelas pelacur, dan memiliki kecenderungan kuat untuk membunuh". Namun, bahkan pada saat itu, situasi politik membuat mereka enggan menuduh seorang Yahudi, karena potensi dampak anti-Semitisme.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network