Sosok Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia yang Punya Deretan Bisnis Ini

Feby Novalius ,Okezone
Siapakah Orang Terkaya di Indonesia? (foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Posisi orang terkaya di Indonesia terus berubah. Ternyata saat ini orang terkaya di Nusantara ini disandang oleh Prajogo Pangestu. Prajogo mengungguli miliarder lainnya seperti Hartono Bersaudara dan Low Tuck Kwong.

Harta kekayaan Prajogo Pangestu mencapai USD54,8 miliar atau setara Rp827 triliun (kurs Rp15.093 per USD). Harta kekayaan itu menobatkannya sebagai orang terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat 26 dalam daftar orang terkaya di dunia 2024 versi Forbes.

Ternyata, Prajogo diketahui memulai bisnis pada akhir 1970. Ya, bisnis yang digelutinya berawal dari kayu. Hal itu dilansir dari Okezone.com sebagaimana melansir Forbes, Rabu (25/9/2024).

Putra dari seorang pedagang karet ini kemudian membangun usahanya Barito Pacific dan melantai di Bursa Efek Indonesia pada 1993.

Dalam pengembangan bisnisnya, pada 2007 Barito mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri yang juga emiten di BEI. Kemudian pada 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Setelah melantai di bursa saham. perusahaan tambang batu bara miliknya, Petrindo Jaya Kreasi, pada Maret 2023, Prajogo mencatatkan anak perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy, enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network