Lapas Kelas II B Pasuruan Gelar Razia dan Tes Urine

Jaka Samudra
Razia dan tes urine di dalam Lapas Kelas II B, berlokasi di Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, pada Senin siang (09/09

Setiap sudut kamar diperiksa secara teliti dan menyeluruh. Namun, belum ditemukan barang jenis narkoba dan sajam serta hand phone milik warga hunian. Tak hanya melaksanakan razia blok hunian, petugas menggelar tes urine untuk warga binaan.

Satu persatu, mereka dites urinenya secara bergantian. Dijelaskannya, kegiatan razia ini merupakan bagian dari penerapan prinsip deteksi dini, salah satu dari tiga kunci utama pemasyarakatan maju, selain back to basics dalam manajemen lapas dan pemberdayaan warga binaan.

"Razia ini bukan hanya sekedar agenda bulanan, tapi juga sebagai bentuk pengingat pentingnya sinergi antara petugas dan warga binaan dalam menjaga kondusivitas lapas, " tandasnya.

Warga binaan pun merespon kegiatan ini dengan kooperatif, menunjukkan bahwa kesadaran akan aturan mulai terbangun.

“Kami selalu berupaya menciptakan lapas yang tidak hanya sebagai tempat menjalani hukuman, tetapi juga sebagai wadah pembinaan menuju perubahan yang lebih baik,” tutur Ma'ruf dengan optimis.

Rencanya,kegiatan semacam ini akan terus dilakukan secara berkala demi tercapainya lingkungan pemasyarakatan yang aman dan humanis.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network