Motaz Azaiza, Jurnalis Foto Palestina Memenangkan Freedom Prize

Tim iNewsSidoarjo
Motaz Azaiza memenangkan Freedom Prize. Foto/Instagram

Pada bulan Oktober, pemboman Israel tanpa ampun membunuh istrinya, Amna, putranya yang berusia 15 tahun, Mahmoud, putrinya yang berusia tujuh tahun, Sham, dan cucunya yang berusia satu tahun, Adam.

Pada bulan Januari, Dahdouh mendarat di Qatar untuk menerima perawatan medis setelah mengalami cedera akibat serangan udara Israel. Mantan penerjemah lepas dan fotografer yang menjadi jurnalis foto, Motaz Azaiza, juga masuk nominasi.

Pria berusia 24 tahun itu kehilangan 15 anggota keluarganya pada bulan Oktober akibat serangan Israel. Namun, fotografer muda ini tanpa lelah mendokumentasikan pemandangan meresahkan akibat agresi brutal Israel melalui fotografinya.

Pada bulan Januari, dia mengumumkan bahwa setelah 108 hari melakukan liputan ekstensif, dia akan dievakuasi ke Qatar. RSF juga menominasikan Aseel Mousa – seorang jurnalis lepas Palestina yang berbasis di Gaza dan salah satu reporter terakhir yang masih bekerja di Jalur Gaza.

Karyanya, yang menyoroti tekanan yang dihadapi oleh perempuan Palestina yang hamil di tengah kehancuran sektor kesehatan di Gaza, telah ditampilkan di media seperti Al Jazeera, The Intercept, dan Middle East Eye. Koresponden RSF di Gaza sejak 2018, Ola Al Zaanoun, juga masuk nominasi.

Perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh Israel memaksa dia, suami dan anak kembarnya mengungsi ke Khan Younis pada 13 Oktober. Kemudian, pada 24 Oktober, Al Zaanoun mengalami cedera kaki di tengah penembakan Israel dan dirawat di Rumah Sakit Nasser. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network