Mengenal Jenderal Bintang Dua Perempuan Pertama dalam Sejarah TNI AD, Dian Andriani Ratna Dewi

Sucipto
Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi, perempuan pertama dalam sejarah TNI AD yang menyandang pangkat Jenderal Bintang Dua. Foto/istimewa

JAKARTA, iNewsSidoarjo - Ada sejumlah fakta menarik terkait sosok Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi. Dia berhasil menorehkan tinta emas sekaligus sejarah dalam TNI Angkatan Darat (AD). Dikutip dari laman resmi TNI AD, Senin (20/5/2024).

Mojang Bandung, Jawa Barat kelahiran 3 Juni 1966 ini, salah satu dari 46 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat.

Upacara kenaikan pangkat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tandyo Budi Revita di Mabesad, pada Rabu 15 Mei 2024.

Tercatat, ada tujuh Pati berpangkat Mayjen TNI dan 39 Pati berpangkat Brigjen TNI yang melaporkan kenaikan pangkatnya kepada Wakasad. Berikut ini fakta-fakta menarik Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi, dikutip dari sindonews.com pada Selasa (21/5/2024).

1. Prajurit Wanita Pertama Sandang Pangkat Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi merupakan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama dalam sejarah TNI AD yang berhasil meraih pangkat Jenderal Bintang Dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Tidak mudah untuk bisa menyandang pangkat Bintang Dua di TNI AD. Apalagi untuk prajurit wanita. Karenanya, keberhasilan Dian Andriani menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Kowad.

2. Jabat Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Unhan Saat ini, Dian Andriani Ratna Dewi menduduki jabatan sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan).

Jabatan yang diemban Dian Andriani Ratna Dewi sejak 1 April 2024 tersebut membuat bintang emas di pundaknya bertambah menjadi dua atau Mayjen TNI. Sebelum menjabat Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan), Dian Andriani menjabat sebagai Komite Etik Perumahsakitan RSPAD Gatot Subroto selama tiga tahun mulai 2021—2024.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network