Al-Mutsanna, Sosok yang beri Perintah Khalifah Abu Bakar usai Kuasai Irak

Miftah H. Yusufpati
Khalid bin Walid ditugaskan membantu Al-Mutsanna dalam menghadapi pasukan Ormizd. Ilustrasi: Ist

Ketika itulah ia memerintahkan Khalid berangkat ke Delta Furat untuk memperkuat pasukan Musanna. Hanya saja, sumber lain menyebut jika Al-Mutsanna tidak datang ke Madinah, juga tidak menghadap Abu Bakar.

Dia masih meneruskan perjalanan bersama pasukannya ke Delta Furat dari Bahrain. Pasukan ini sempat dihadang oleh Ormizd yang kemudian terjadi pertempuran hebat, yang beritanya sampai kepada Abu Bakar.

Adapun beberapa penulis sejarah yang kemudian berpendapat bahwa Khalid ketika berangkat ke Delta Furat tidak membawa rencana atau tujuan tertentu. Kepergiannya itu hanya untuk memberikan bala bantuan untuk menopang Al-Mutsanna dan pasukannya.

Setelah Al-Mutsanna dapat mengalahkan Persia dan maju terus ke utara, ia kemudian mengirimkan bagian seperlima (rampasan perang) kepada Khalifah dengan beberapa laporan.

Dialah yang menggambarkan bagaimana terjadinya pembebasan itu, dan dia pula yang menuju ke Hirah sampai ke bagian utara kota itu.

Kelemahan sumber ini karena perintah-perintah Abu Bakar kepada para pimpinan militernya itu selalu tegas, yakni mereka tak boleh meninggalkan suatu tempat tanpa izin Abu Bakar.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network