Fantastis! Harta Bos TikTok, Zhang Yiming Rp684 Triliun

Kharisma Rizkika Rahmawati
Ini Dia Pemilik TikTok. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Project S TikTok sedang ramai dan menjadi sorotan di banyak negara termasuk Indonesia. Project ini diduga mengoleksi data produk yang sangat laris di suatu negara, dan untuk di produksi sendiri di Cina.

Zhang Yiming merupakan nama pemilik aplikasi TikTok yang sedang ramai dibicarakan. Dia adalah miliarder yang kurang dikenal karena tidak mendapat spotlight.

Dia sudah menjadi miliarder sejak muda setelah mendirikan platform berita Toutiao, sebuah produk utama dari perusahaan ByteDance.

Sebelum mendirikan ByteDance, pada tahun 2012. Zhang Yiming sempat mendirikan situs properti yang bernama 99fang pada 2009. Namun memutuskan untuk berhenti setelah tiga tahun berjalan.

ByteDance merupakan perusahaan Induk Aplikasi TikTok yang telah menjadi raksasa teknologi dunia hanya dalam enam tahun.

Hal ini membuat kekayaan bersih Zhang mencapai USD4 miliar atau setara dengan Rp60 triliun. ByteDance bukan hanya perusahaan aplikasi yang mengandalkan iklan untuk mencari pendapatan, mereka juga memanfaatkan AI pada layanan konten untuk membangun pengalaman bagi pengguna.

“Jinri Toutiao memiliki sumber daya komputasi dan penyimpanan yang sangat besar. Kami memiliki lebih dari 50 Petabyte (PB) kapasitas pemrosesan data harian dan penyimpanan data kami lebih besar dari 1.500 PB. Infrastruktur adalah kunci untuk mendukung pengembangan aplikasi,” kata Vice President ByteDance Yang Zhenyuan, Dikutip dari okzone.com pada Kamis (13/7/2023).

Zhang Yingmin dianggap mampu mencapai aapa yang Mark Zuckerberg dapatkan dalam jangka waktu yang lebih singkat. Facebook memiliki lebih dari dua kali lipat masa hidup ByteDance. Dikarenakan terlalu fokus dengan iklan, Facebook seakan kehilangan kemampuan untuk mengikuti masa depan.

Pria yang lahir pada 1 April 1983 ini tercatat memiliki kekayaan USD45 miliar atau setara Rp684 triliun (kurs Rp15.200 per USD). iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network