Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Melesat Menjadi Rp855,3 Triliun

Feby Novalius
Harta Kekayaan Prajogo Pangestu. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Harta kekayaan Prajogo Pangestu melejit naik 2,18% atau sekitar USD1,2 miliar atau setara Rp18,1 triliun (kurs Rp15.138 per USD). Seperti dilansir Forbes , harta kekayaannya kini mencapai USD56,5 miliar atau setara Rp855,3 triliun.

Saat ini Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat 26 dalam daftar orang terkaya di dunia 2024 versi Forbes, mengungguli miliarder lainnya seperti Hartono Bersaudara dan Low Tuck Kwong Putra dari seorang pedagang karet ini memulai bisnis kayu pada akhir 1970, kemudian membangun usahanya Barito Pacific dan melantai di Bursa Efek Indonesia pada 1993.

Sebagai pengembangan bisnisnya, Barito mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri yang juga emiten di BEI pada tahun 2007. Disusul dengan bergabungnya Chandra Asri dengan Tri Polyta Indonesia pada tahun 2011, dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Pada Juli 2021 15% saham Chandra Asri diakuisisi oleh Thaioil. Perusahaan tambang batu bara miliknya, Petrindo Jaya Kreasi melantai di bursa saham pada Maret 2023, Prajogo juga mencatatkan anak perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy, enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

Kini harga saham BREN atau Barito Renewables Energy dibanderol Rp6.900-Rp7.000 yang pada perdagangan hari ini, harga saham tersebut masih naik turun.

Dilahirkan di Sungai Betung, Kalimantan Barat pada tahun 1944, Prajogo Pangestu akrab disapa Phang Djoem Phen, hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat sekolah menengah. Meskipun demikian, pada 1960, dengan harapan mendapatkan pekerjaan Dan kehidupan yang lebih baik, Ia merantau ke Jakarta.

Prajogo menghadapi kegagalan dan terpaksa kembali ke kampung halamannya setelah perjalanannya ke Jakarta tidak sesuai harapan. Tak menyerah, untuk mencari nafkah ia memilih Menjadi sopir angkot.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network