Perajin Action Figur Tembus Pasar Internasional, Akan Buat Mainan Superhero Lokal

Yoyok Agusta
Perajin Action Figur asal Sidoarjo, pemasaran karyanya tembus Luar Negeri. (Foto: iNewsSidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Berawal dari balas dendam masa kecil yang tidak puas dengan mainan, pria asal Sidoarjo merias berbagai mainan patung superhero hingga menghasilkan cuan dengan mata uang Dollar AS.

Pria tersebut yakni Bimantara Hadi Pratama, (30) warga Desa Bringin Bendo, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Berawal dari tahun 2018 lalu, Bima panggilan akrab Bimantara, memulai usahanya membuat mainan patung superhero berbahan plastisin clay.

"Saya ingat saat kecil dulu gak puas dengan mainan saya. Kok mudah rusak dan kurang bagus. Berawal dari itu akhirnya saya membuat mainan patung superhero ini," ujar Bimantara. Sabtu ( 24/2/2023).

Dengan proses pembuatannya, Bima hanya menggunakan alat seadanya seperti kuas untuk membuat mimik, jarum pentul, sedotan, gunting kuku, tutup pulpen, Bima menyelesaikan setiap orderan yang diterimanya dari pemesan.

"Meski saya membuatnya dengan cara manual, tapi hasilnya bagus, setiap pesanan pasti saya buat sedetail mungkin, sehingga mendekati kemiripan dengan tokoh aslinya," imbuhnya.

Dari tangan dingin Bima ini, terbentuk beragam mainan superhero Superman, Hulk, Batman, Kapten Amerika X Man dan banyak lagi tokoh Superhero.

Tak hanya itu, dirinya juga membuat mainan custom atau sesuai karakter tokoh pesanan. Untuk satu karakter superhero, diselesaikan Bima antara tiga minggu sampai satu bulan, tergantung tingkat kerumitan pembuatannya.

"Saya mengerjakan orderan hanya hari sabtu dan minggu, dan kalo gak capek sepulang kerja waktu malam hari saya kerjakan, soalnya saya bekerja di salah satu perusahan di gresik," jelas Bima.

Ia menjual hasil karyanya tidak saja pasar lokal, tapi sudah menjualnya hingga ke luar negeri. Penjualan dilakukan melalui medsos, dengan pembayaran menggunakan mata uang dolar. Satu unit mainan yang berbahan plastisin clay karya Bima ini, di bandrol antara 20  hingga 200 dollar AS.

"Alhamdulillah orderan banyak dari luar negeri mulai negara di Eropa seperti Inggris, Jerman. Ada juga yang pesan dari Amerika, Kanada. Kalo Asia Hongkong, Singapura dan Korea." terang Pemuda yang hobi fotografi itu.

Dalam dua bulan biasanya mampu menjual tiga sampai empat boneka mainan.

Sejauh ini paling banyak pesanan mainan tokoh superhero. Dirinya berencana, akan membuat tokoh super hero lokal dan akan dipasarkan ke kancah internasional.

"Rencananya saya akan membuat mainan superhero lokal seperti Gajahmada, pendawa lima, Gundala, untuk mengenalkan budaya kita ke dunia internasional,"pungkas Bima.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network