Ditentang Jerman, Polandia Ngotot Ingin Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Ahmad Islamy Jamil
Tank Leopard 2 Jerman dan rudal pertahanan Patriot untuk melawan Rusia makin besar. (Foto: Reuters).

WARSAWA, iNewsSidoarjo.id – Negara Jerman menentang rencana Polandia pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Meski ditentang, namun pihak Polandia tetap berkeras dengan rencana tersebut.

Bahkan, Polandia akan tetap mengirimkan tank Leopard 2 walau tanpa persetujuan dari Jerman, selaku produsen kendaraan tempur itu.

Perlu diketahui, tank Leopard 2 saat ini menjadi andalan tentara NATO di seluruh Eropa. Hal itu membuat Polandia dan para sekutu NATO lainnya telah mendesak Jerman agar memberi mereka “lampu hijau” untuk mengirim tank buatan Jerman itu ke Ukraina.

Desakan itu muncul di saat Kiev terus memohon-mohon agar dikirimi persenjataan berat untuk melawan agresi militer Rusia.

“Saya tidak mengesampingkan bahwa kami (Polandia) siap untuk mengambil langkah seperti (mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina) itu,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Pawel Jablonski, kepada radio RMF FM, Jumat (20/1/2023).

“Saat ini kami berusaha membuat Jerman tidak hanya menyetujui tank-tank ini dikirim oleh Polandia atau negara lain, tetapi juga melakukannya sendiri,” ujarnya.

Berlin enggan mengirim senjata ofensif berat ke Kiev. Sebab Jerman khawatir tindakan semacam itu dapat dilihat sebagai peningkatan konflik Ukraina.

Berlin sampai sejauh ini juga menahan persetujuan bagi para sekutunya untuk mengirimkan tank Leopard 2 ke negara lain di luar sekutu NATO.

Komentar Jablonski tersebut memperkuat sinyal yang disampaikan oleh Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, pada Rabu (18/1/2023).

Kala itu, dia mengatakan Warsawa dapat mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina sebagai bagian dari koalisi yang lebih luas jika Jerman gagal memberikan persetujuannya.

Sementara Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas, pada Kamis kemarin mengatakan bahwa beberapa negara akan mengumumkan pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina pada pertemuan sekutu NATO di Pangkalan Udara Ramstein, Jerman, hari ini.

Akan tetapi, sampai kini Berlin belum menerima permintaan izin dari negara mana pun untuk mengirimkan tank Leopard buatan Jerman ke Ukraina, kata sumber pemerintah Jerman pada Kamis.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, berikut link beritanya :

https://www.inews.id/news/internasional/wah-polandia-ngotot-ingin-kirim-tank-leopard-2-ke-ukraina-meski-ditentang-jerman/all

Editor : Nanang Ichwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network