Untuk Kepentingan Militer, Bandara Halim Perdana Kusuma Dibuka Besuk

Heri Purnomo
Menhub Budi Karya Sumadi melakukan uji coba runway hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, hari ini. Foto: Kemenhub

JAKARTA, iNews.id - Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta akan mulai beroperasi kembali mulai besok, Rabu (13/7/2022). Pembukaan ini masih sebatas untuk kepentingan militer TNI Angkatan Udara dulu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya Andyawan melakukan uji coba landasan pacu (runway) hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, hari ini, Selasa (12/7/2022).

Adapun prosesi lepas landas dan pendaratan di runway Bandara Halim menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air 350i PK-CAP berjalan dengan mulus dan lancar.

Selain uji coba untuk kepentingan militer, Bandara Halim juga untuk melayani penerbangan komersial. Hanya saja, rencana tersebut akan ditargetkan pada September mendatang.

"Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai besok (13/7/2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” kata Menhub.

Dia mengatakan, penggunaan runway secara terbatas dimaksudkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Selain runway, juga dibangun terminal.

“Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” ujarnya.

Selain itu, dia menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak, sepeti Kemenhan, KemenPUPR, Angkasa Pura II, Panglima TNI, KASAU, kontraktor pembangunan, dan jajaran Kemenhub yang telah memberikan dukungan yang baik selama pengerjaan Progres pembangunan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma hingga saat ini sudah mencapai 72,6 persen.

Untuk pekerjaan sisi udara, di antaranya landasan pacu (runway), landas hubung, dan landas parkir ditargetkan selesai pada akhir Juli 2022.

Editor : Nanang Ichwan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network