get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Civitas Akademika Umsida dan Smamda Gelar Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina

Walah, Fattah Jasin Didemo Saat Dilantik Jabat Wabup Pamekasan

Selasa, 31 Mei 2022 | 17:58 WIB
header img
Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin saat pelantikan di Grahadi, Senin (30/5/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Fattah Jasin, dilantik menjabat Wakil Bupati Pemekasan. Proses pelantikan yang digelar di Gedung Negara Grahadi diwarnai aksi unjuk rasa.

Aksi massa dari demokrasi dan aspirasi rakyat (Dear) Jatim tersebut menolak Fattah Jasin sebagai Wabup Pamekasan karena dianggap bukan putra daerah dan diduga terlibat kasus korupsi.

"Fattah Jasin itu pernah tersandung di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam kasus dugaan korupsi di Tulungagung mengenai barang dan jasa. Fattah Jasin juga saat ini sedang proses pemeriksaan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Lamongan dalam kasus PJU (penerangan jalan umum)," kata koordinator DEAR Jatim Ahmad Faisol.

Aksi tersebut akhirnya dibubarkan aparat kepolisian yang sedang berjaga di depan Gedung Negara Grahadi karena masih berlangsung hingga malam. Menanggapi aksi tersebut, Fattah Jasin memastikan bahwa dirinya merupakan putra daerah. Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim tersebut menjelaskan, bahwa dia mempunyai kakek yang kakaknya pernah menjadi Bupati Pamekasan tahun 1942.

"Jadi separuh nafas lima puluh persen, mbah perempuan saya itu Pamekasan. Bupati tahun 1942 sampai 1951 namanya Zaenal Fattah itu kakaknya mbah perempuan atau ibunya ayah," ujarnya.

Kemudian terkait dugaan korupsi PJU, Fattah menyatakan, saat menjabat sebagai Kepala Dishub Jatim, dia menerima proposal yang jumlah ratusan. Tugasnya dia sebagai kepala dinas hanya memverifikasi proposal tersebut.

"Korupsi menurut Undang-undang itu adalah mark up dan gratifikasi, sedangkan kami tidak mengelola anggaran. Kita hanya memverifikasi," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai melantik Fattah Jasin menyampaikan optimisme percepatan pembangunan Kabupaten Pamekasan.

Saat ini, kata dia, banyak program yang harus bersinergi terkait pertumbuhan ekonomi, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan sejumlah target pembangunan.

"Kami berharap agar masing-masing harus melakukan inovasi dan kerja keras," katanya.

Diketahui Fattah Jasin dilantik sebagai wakil bupati Pamekasan menggantikan Raja'e yang meninggal dunia pada Desember tahun lalu.

Artikel ini telah tayang di iNewsJatim.id, baca selengkapnya di link berikut ini :

https://jatim.inews.id/berita/pelantikan-wakil-bupati-pamekasan-fattah-jasin-disambut-demo-penolakan-warga/all

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut