get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Melihat Petilasan Taman Airlangga di Lamongan Jawa Timur

Jum'at, 27 Mei 2022 | 18:37 WIB
header img
Petilasan Taman Airlangga di Lamongan (Foto: YouTube Kuno Brono)

JAKARTA, iNews.id - Taman Airlangga di Lamongan, Jawa Timur merupakan situs yang menarik dikunjungi. Petilasan ini baru saja diresmikan pada Oktober 2021 silam oleh pemerintah setempat.

Taman Airlangga ini terletak di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Lokasinya, tidak begitu jauh dari Candi Pataan, situs yang disebut-sebut sudah dibangun sejak zaman Kerajaan Kahuripan Airlangga.

Petilasan ini terletak di area perkebunan jagung. Mengutip tayangan video dari Kuno Brono, Jumat (27/5/2022), jalanan menuju Taman Airlangga ditumbuhi dengan rerumputan hijau yang lebat.

Kemudian, di sebelahnya terdapat perkebunan jagung yang luas. "Situs ini dijadikan tempat wisata. Letaknya berada di pegunungan Sambeng. Situs ini tidak terlalu terkenal," kata Kuno Brono.

Lalu, saat hendak memasuki Taman Airlangga, pengunjung akan disambut dengan gapura yang memiliki dua patung arca berbentuk singa. Saat masuk ke dalam petilasan, ada pula beberapa patung lainnya.

Di antaranya, patung perempuan yang diduga merupakan istri dari Raja Airlangga. Patung tersebut menghadap ke kolam yang dihiasi batu-batu karang dan ditinggali ikan-ikan warna-warni.

"Ada batu kerang yang berlubang-lubang seperti rumah rayap," kata dia.

Kemudian, juga ada patung Raja Airlangga dan sejumlah patung hewan seperti kura-kura dan singa. Di area Taman Airlangga yang luas tersebut, terdapat pula tempat bersantai bagi para pengunjung yang datang, di mana ada beberapa set bangku dan meja yang terbuat dari kayu.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, baca selengkapnya di link berikut ini :

https://www.inews.id/travel/destinasi/mengenal-petilasan-taman-airlangga-di-lamongan-yang-belum-diketahui-banyak-orang/all

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut