get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Pastikan Daging Sapi Import Tak Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku, Ini Kata Bulog

Selasa, 10 Mei 2022 | 20:47 WIB
header img
Ilustrasi daging sapi. (Ft : ilutrasi/iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Daging sapi impor dari India dipastikan langsung pihak Perum Bulog tidak terinfeksi penyakit mulut dan kuku. Saat ini, penyakit mulut dan kuku menginfeksi sejumlah hewan ternak di Jawa Timur.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso atau Buwas menegaskan daging sapi yang diimpor melalui pemeriksaan laboratorium yang ketat, sebelum di jual di pasar domestik.

"Penyakit mulut dan kaki tidak ada kaitannya dengan daging sapi impor. Karena daging tersebut begitu sampai di Indonesia tidak bisa langsung jual karena ada pemeriksaan laboratorium, begitu layak konsumsi baru diedarkan," ungkap Buwas, saat ditemui di kawasan Bulog, Selasa (10/5/2022).

Wabah penyakit mulut dan kaki pada hewan ternak memang berpotensi berdampak serius bagi industri peternak nasional. Meski begitu, Biwas optimis akan segera diselesaikan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Holding BUMN Pangan atau ID Food pun melakukan berbagai upaya pencegahan agar hewan ternak di peternakan yang dikelola aman dan bebas dari wabah.

“Sesuai arahan pemerintah untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan pengendalian untuk memberikan proteksi kepada hewan ternak," ujar Direktur Utama ID Food, Frans Marganda Tambunan.

Mengenai upaya ini, kata Frans, pihaknya terus lakukan pengawasan dan monitoring serta sosialisasi pencegahan kepada seluruh mitra ID Food Group, termasuk kepada asosiasi pedagang dan mitra peternak.

Melalui anak usaha di sektor peternakan, Frans memerinci Holding Pangan telah melakukan upaya pencegahan PMK tersebut sedari dini, beberapa diantaranya dengan tidak melakukan pemasukan ternak di wilayah yang terduga terdampak PMK.

Lalu, melakukan tindakan karantina atau isolasi terhadap ternak yang baru datang atau pindah dari lokasi kandang lain, menggunakan prosedur biosecurity yang ketat pada wilayah kawasan peternakan yang dikelola PT Berdikari (Persero).

Kemudian, mengupayakan vaksin terhadap ternak sapi dan domba dan upaya pencegahan lainnya.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id, baca selengkapnya di link berikut ini :

https://www.inews.id/finance/bisnis/bulog-pastikan-daging-sapi-impor-tak-bawa-penyakit-mulut-dan-kuku

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut