get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Hari Kartini Diperingati di Pendopo Delta Wibawa Berlangsung Meriah

Selasa, 26 April 2022 | 18:44 WIB
header img
Peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 di Kabupaten Sidoarjo ( foto : istimewa )

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 di Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (26/4), berlangsung sangat meriah.

Kegiatan ini juga sebagai momentum kaum perempuan untuk bangkit dari pandemi. Meskipun Peringatan Hari Kartini tahun ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Namun tidak mengurangi kekhidmatan dalam mengenang tonggak awal gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa.

“Hari Kartini ini selalu menjadi momen khusus bagi perempuan Indonesia. Semangat perjuangan Kartini mampu menumbuhkan motivasi pemangku kepentingan dan masyarakat untuk memberikan perhatian dan pengakuan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” Jelas Ainun Amalia, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Kabupaten Sidoarjo.

Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini, “Dengan semangat Kartini kita tingkatkan peran perempuan dalam berkarya, mengabdi untuk negeri dan bermartabat bagi keluarga menuju Sidoarjo Gemilang”. “Ini menandakan bahwa perempuan Indonesia mampu menjadi komponen bangsa yang inovatif dan kontributif memajukan bangsa untuk lepas dari kemiskinan, menghadapi perubahan iklim dan mewujudkan pembangunan,” lanjutnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Sa'adah Ahmad Muhdlor, yang akrab disapa Ning Sasha, menceritakan kembali bagaimana perjuangan R.A. Kartini mendobrak tradisi feodal, untuk menuntut kesetaraan terutama dalam hal kesempatan belajar bagi kaum perempuan.

“Semangat Kartini ini, yang membawa kehidupan perempuan mempunyai kesempatan yang sama dengan laki- laki dalam berkontribusi keluarga, bangsa dan negara,” jelasnya.

Neng Sasha juga mengingatkan perempuan sebagai ibu, juga sebagai madrasah pertama bagi anaknya, meskipun diluar berjasa dan berprestasi dalam profesinya.Memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.

Peringatan Hari Kartini di meriahkan juga dengan fashion show busana nasional anak PAUD, Yuk Muslimah dan TP PKK Kabupaten Sidoarjo. Ditutup dengan talk show interaktif dengan narasumber Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Satgas PPPA Provinsi Jawa Timur. inewssidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut