get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Sistim Pertahanan S-300 Milik Ukraina Hancur Dihantam Rudal Kalibr Rusia

Senin, 11 April 2022 | 23:34 WIB
header img
Rusia mengklaim telah menghancurkan peluncur rudal sistem pertahanan S-300 Ukraina yang baru tiba dari luar negeri (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsSidoarjo.id - Sistim pertahanan S-300 yang baru diterima Ukrainan dari negara-negara sekutunya, hancur dihantam rudal Kalibr milik Rusia, Minggu (10/4/2022).

Hal itu diklaim Rusia, dalam sejumlah serengan, militernya berhasil menghancurkan sistem peluncur rudal anti-pesawat S-300 Ukraina yang dikirim dari luar negeri.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, serangan mengenai hanggar di pinggiran Kota Dnepropetrovsk (Dnipro), tempat disembunyikannya rudal S-300 kiriman negara Eropa.

Serangan itu menghancurkan peralatan dari baterai S-300 yang baru dikirim. Belum dikethaui darimana rudal S-300 itu berasal.

Namun Slovakia pekan lalu mengumumkan menyumbang rudal pertahanan buatan era Soviet tersebut untuk Ukraina.

Juru Bicara Kemhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan Rusia menembakkan rudal Kalibr dari kapal perang dan menghancurkan empat peluncur S-300 serta 25 tentara Ukraina.

Konashenkov juga menyebut pasukannya telah menghancurkan radar penargetan S-300 dalam serangan udara presisi terpisah di dekat Uspenovka.

Sang jenderal tidak merinci lokasi target serangan serta apakah radar itu bagian dari baterai yang dipasok oleh negara asing.

Pada Jumat lalu, Slovakia mengumumkan menyumbangkan satu-satunya baterai S-300 ke Ukraina. Sistem pertahanan udara itu merupakan bagian dari warisan masa Pakta Warsawa, saat itu masih menjadi bagian dari Cekoslowakia. iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut