get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Tokoh Nasionalis Ukraina Tewas Saat Pertempuran Dengan Tentara Rusia

Senin, 11 April 2022 | 23:02 WIB
header img
Wakil Komandan Nasionalis Sektor Kanan Ukraina, Taras Bobanich tewas di tangan tentara Rusia. (Foto : Kemhan Rusia)

MOSKOW, iNewsSidoarjo.id-Wakil Komandan Nasionalis Sektor Kanan, yang juga tokoh di nasionalis Ukraina yakni Taras Bobanich (33) tewas di tangan pasukan Rusia.

Tokoh kelompok nasionalis Ukraina Sektor Kanan tersebut tewas dalam pertempuran dengan pasukan Rusia. Bobanich dianggap bertanggung jawab di balik kematian ratusan warga sipil di Ukraina timur sejak perang pada 2014.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia, seperti dikutip dari RT, Senin (11/4/2022), menyatakan sebuah tim pengintai membunuh Bobanich sekitar 5 km di sebelah selatan Kota Izium, wilayah Kharkov.

Bobanich merupakan wakil komandan Nasionalis Sektor Kanan yang bertanggung jawab dalam operasi cadangan. Tidak dijelaskan penyebab kematiannya. Akun media sosial The Right Sector membenarkan kematian Bobanich. Disebutkan dia dibunuh pada Jumat lalu di dekat Izium.

Bobanich atau juga disebut 'Hummer' berasal dari Ukraina barat. Dia menjadi terkenal di Ukraina sejak unjuk rasa dan kudeta bersenjata 2013-2014. Saat itu kelompok nasionalis Ukraina menjadi kelompok jalanan yang melawan otoritas penegak hukum Ukraina.

Dari sisi Rusia, Bobanich dituduh memerintahkan penembakan artileri ke kota-kota di Ukraina timur selama permusuhan, diduga menyebabkan ratusan orang tewas.

Selain menjabat sebagai komandan militer nasionalis, Bobanich memainkan peran penting dalam memblokade perdagangan antara Ukraina dan Krimea pada musim gugur 2015. Blokade tersebut dilakukan pasukan nasionalis yang ingin menghukum warga Semenanjung Krimea karena ingin melepaskan diri dari Ukraina dan memberikan suara untuk bergabung dengan Rusia. iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut