get app
inews
Aa Text
Read Next : Minyak Jelantah Bisa Ditukar Uang Melalui Mesin Aplikasi Ucollect

Cegah Gangguan Saat Libur Nataru, Penguatan Jaringan Digital Dilakukan di Jawa Timur

Kamis, 18 Desember 2025 | 01:13 WIB
header img
Sejumlah petinggi Telkomsel saat memantau jaringan sekitar Tower, di kawasan Prigen, Pasuruan. Foto:ist

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id – Untuk mencegah potensi gangguan layanan akibat lonjakan trafik data selama libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Telkomsel melakukan penguatan jaringan dan peningkatan kesiapan operasional di seluruh wilayah Jawa Timur. Langkah ini dilakukan seiring prediksi meningkatnya penggunaan layanan digital seperti video streaming, media sosial, dan online gaming pada periode libur panjang akhir tahun.

Mengantisipasi kenaikan payload data tersebut, perusahaan plat merah ini mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G di 49 Point of Interest (POI) yang mencakup pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, kawasan residensial, hingga rumah ibadah. Pemantauan kualitas jaringan juga dilakukan secara real time melalui enam Posko Siaga Network selama periode Nataru.

General Manager Region Network Operations and Productivity Jawa Timur Telkomsel, Hersetyo Pramono, menegaskan bahwa kesiapan jaringan menjadi prioritas utama agar pelanggan tetap nyaman berkomunikasi. “Di momen Natal dan Tahun Baru, kami ingin memastikan jaringan tetap andal dan mampu melayani lonjakan kebutuhan pelanggan. Penguatan jaringan dan penerapan teknologi terdepan kami lakukan untuk menjaga kualitas konektivitas,” ujarnya. Rabu, (17/12/2025).

Selain itu, jaringan 5G tetap tersedia di kota-kota prioritas dan akan diperkuat dengan lebih dari 241 BTS 5G di Jawa Timur hingga akhir 2025, didukung teknologi AI Autonomous Network. Untuk pelanggan rumahan, kualitas layanan internet dijaga melalui modernisasi perangkat dan langkah perbaikan proaktif.

Dari sisi layanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 1 Posko Utama, 3 Posko Regular, dan 11 Posko Mandiri di lokasi strategis. Layanan yang disediakan meliputi migrasi SIM/eSIM, bantuan MyTelkomsel, hingga penukaran Telkomsel POIN. Selain itu, juga menghadirkan akses WiFi gratis IndiHome melalui kolaborasi Posko Danantara di Rest Area Tol Malang–Pandaan KM 66A dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

GM Mobile Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel, Andri Kurniawan, menyampaikan bahwa kemudahan akses layanan menjadi fokus utama selama masa liburan. “Kami memastikan pelanggan dapat mengakses layanan dengan mudah melalui Posko, GraPARI, maupun kanal digital. Seluruh tim kami siaga melayani selama periode Nataru,” katanya.

Tak hanya fokus pada jaringan dan layanan, juga menjalankan program CSR ‘Sambungkan Senyuman’ sebagai implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Program ini menyalurkan bantuan sarana air bersih, sanitasi, serta 10.000 paket sembako secara nasional, dengan 700 paket disalurkan di Jawa Timur.

Dengan kesiapan jaringan, layanan pelanggan, dan kontribusi sosial tersebut, Telkomsel optimistis dapat mendukung aktivitas digital masyarakat sekaligus menemani kebersamaan di momen libur Natal dan Tahun Baru 2025–2026.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut