Logo Network
Network

Unik Dua Pasangan Nikah di Mulut Gua Ngigrong

erfan erlin
.
Selasa, 29 Maret 2022 | 19:08 WIB
Unik Dua Pasangan Nikah di Mulut Gua Ngigrong
Dua pasang pengantin melakukan ijab qobul di dalam Goa Ngingrong Gunungkidul.( Foto MPI/erfan erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Dua pasang pengantin melaksanakan akad nikah yang beda pada umumnya. Dua pengantin tersebut melakukan akad nikah di mulut Gua Ngingrong, di padukuhan Mulo Kapanewon Wonosari, Gunungkidul. Selasa (29/3/2022).

Tak hanya itu, Sebelum mereka mengucapkan janji suci untuk bersama, pasangan ini mengikuti rangkaian kegiatan yang cukup unik. Mereka masing-masing Yudi Nuryanto (29) warga Wukirsari, Cangkringan, Sleman dan Arismawati (48) warga Pakembinangun Sleman. Serta Rumadi (36) warga Ringinharjo, Bantul dan Rika (37) yang juga Ringinharjo, Bantul.

Gua Ngigrong sendiri merupakan gua yang sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Global Network Gunungsewu. Keberadaan Gua Ngingrong di kawasan lembah karst yang berbentuk sebuah luweng (collapse dollin) atau biasa disebut sinkhole, di mana secara alami membentuk sebuah gua horizontal yang menampakan eksotis keindahannya.

Selain itu, alam juga memiliki wisata khusus yaitu flying fox dengan ketinggian 70 meter dan panjang 150 meter yabg menantang adrenalin dan nyali. Flying fox tersebut melintasi dua sisi yang berbeda dari luweng tersebut Prosesi dimulai dengan kirab pengantin dengan cucuk lampah 7 rebana Shoutul Fata dan pasangan pengantin membawa pohon kelapa gading muda. Sementara mahar yang digunakan adalah seperangkat alat salat dan satu toples walang goreng. Bersama penata rias, pasangan ini melewati pemeriksaan prokes oleh satgas Covid-19 menuju pelaminan.

Sesampainya di depan wahana flying fox ada pelaminan sederhana dengan latar belakang tebing gua yang berlafalkan Alloh. Prosesi acara sendiri dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon kelapa gading muda di lokasi oleh para calon pengantin dan panitia.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.