Wow!Bekas Onderdil Motor Disulap Jadi Tank hingga Helikopter

Avirista Midaada
.
Selasa, 22 Maret 2022 | 09:23 WIB
Hariyanto sibuk menyelesaikan pesanan kerajinan dari limbah onderdil motor, Senin (21/3/2022). (foto: MPI/Avirista Midaada).

MALANG, iNewsSidoarjo.id - Lewat tangan kreatif Hariyanto, bahan bekas onderdil motor disulap jadi kerajinan bernilai tinggi. Ya, pria 50 tahun itu mengubah barang rosokan menjadi kerajinan miniatur tank hingga helikopter.

Warga Jalan Danau Rawa Pening Dalam, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang yang beberapa tahun lalu Hariyanto mengalami kecelakaan kerja di Sawahlunto, Sumatera Barat itu mengaku memulai mengotak atik kerajinan itu sejak tahun 1989 silam.

Ia mengaku awalnya hanya iseng-iseng saja untuk membuat kerajinan tersebut. Kerajinan dari limbah onderdil sepeda motor yang dibuatnya itu merupakan pekerjaaan sampingan dari pekerjaan utamanya tukang las pagar.

"Sebenarnya kalau membuat kreasi dari onderdil bekas ini sudah mulai tahun 1989 saat kelas 3 SMP. Tapi kemudian saya fokus pada bengkel las pagar dan merangkai onderdil bekas ini hanya saya jadikan pekerjaan sampingan saja," ucap Hariyanto, dikutip dari Jatim.iNews.id, Selasa (22/3/2022).

Meski demikian, sejak kecelakaan yang membuat dia kehilangan kakinya itu justru memacunya untuk bangkit berkreasi. Keterbatasan fisik justru tidak membuat dia putus asa dan terus berkarya hingga menjadi seorang jutawan.

Kini, kerajinan dari onderdil bekas motor yanh disulap menjado pernak pernik bernilai seni itu dijual mulai harga Rp 5 ribu hingga ratusan ribu.

Lebih jauh dia bercerita, onderdil bekas sepeda motor ini didapatkan dari teman-temannya yang memiliki bengkel sepeda motor.

Beberapa onderdil tak terpakai seperti rantai, busi, penutup karburator, per dan beberapa lainnya. Onderdil tersebut kemudian dirakit menggunakan lem dan direkatkan satu sama lain pada sebuah tatakan kayu atau seng.

Bentuknya sendiri bisa berbagai macam mulai dari tank, motor, hingga helikopter. Prosesnya mudah saja. Onderdil ini dibersihkan dulu tetapi tidak perlu dicuci.

"Kemudian onderdil yang sudah dibersihkan direkatkan menggunakan lem dan dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan," tuturnya.

Hariyanto menyebut bahwa ternyata hasil kreasinya tersebut banyak diminati masyarakat. Bahkan beberapa kali kreasi yang ia buat dibeli oleh masyarakat bahkan dari luar kota setelah diunggah di media sosial (medsos).

Pembelinya pun tak datang dari Kota Malang dan sekitarnya saja. Bahkan ada pembeli yang datang jauh-jauh dari Makassar.

Pembeli asal Makassar itu dua kali membeli kreasi limbah onderdil sepeda motor dan mengirimkannya.

"Kalau termahal itu terjual Rp 700.000 berupa kreasi tank itu. Sementara harganya mulai Rp 5.000. Sebenarnya kalau merakitnya tidak sulit. Cuma perlu ketelitian dan lem yang kuat. Tetapi memang untuk pencocokan onderdil satu sama lain ini yang perlu kejelian," ujarnya.

Dirinya menambahkan, ide membuat kerajinan dari limbah onderdil sepeda motor didapatnya secara spontan. Tetapi kendati berasal dari limbah onderdil sepeda motor ia memastikan membersihkannya dahulu sebelum diolah menjadi sejumlah kerajinan kreatif.

"Idenya langsung saja biasanya. Menyesuaikan dengan bahan yang ada," katanya.

Artikel berita ini telah tayang di Jatim.iNews.id dengan judul "Penyandang Disbilitas di Malang Ini Sukses Ubah Limbah Motor Jadi Kerajinan Bernilai".

Baca artikel berita ini :

https://jatim.inews.id/berita/penyandang-disabilitas-di-malang-ini-sukses-ubah-limbah-motor-jadi-kerajinan-bernilai/2

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini