Logo Network
Network

Kabar Baik, Tahun Ini Arab Saudi Siap Menerima Jemaah Haji Luar Negeri

Widya Michella
.
Senin, 21 Maret 2022 | 18:07 WIB
Kabar Baik, Tahun Ini Arab Saudi Siap Menerima Jemaah Haji Luar Negeri
Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Arab Saudi. (Foto Kemenag).

JAKARTA, iNews.id - Kabar baik bagi calon jemaah haji. Sebab, pihak Arab Saudi siap menerima jemaah haji jemaah haji 1443H/2022M di luar Arab Saudi.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," ucap Menag Menag RI Yaqut Cholil Qoumas sebagaimana dikutip dari iNews.id.

Kabar baik tersebut dipastikan Menang Yaqut saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi pada Minggu (20/3/2022).

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," ujar Menag dalam keterangan resminya, Senin (21/3/2022).

Dia berharap Indonesia mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan bertambahnya jumlah jemaah yang menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

"Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menuturkan bahwa pihaknya juga terus melakukan berbagai persiapan jelang pembukaan haji bagi jemaah luar Saudi.

Apalagi, hingga kini, jemaah umrah dari berbagai negara telah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Lebih lanjut terkait kuota, Tawfiq mengatakan bukanlah keputusan dari Kementerian Haji dan Umrah saja. Dengan demikian proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq F. Al-Rabiah juga menyampaikan bahwa jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan.

Terkait kepastian kuota haji memang ditunggu oleh semua negara pengirim jemaah dan tidak hanya Indonesia.

Selain Menag Yaqut, masih ada sejumlah menteri agama dari berbagai negara juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan kuota haji.

Di antara mereka adalah Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Seperti diketahui, kunjungan kerja Menag ke Arab Saudi juga dalam rangka menghadiri Mu'tamar wa Ma'radl Khidamaatil-Hajj wal-'Umrah yang diselenggarakan Menteri Haji dan Umrah, Muktamar dan Pameran Internasional Haji dan Umrah.

Acara tersebut berlangsung pada 21 hingga 23 maret 2022 di Superdome Jeddah, Saudi Arabia. Kegiatan ini turut dihadiri para menteri agama dari berbagai negara, khususnya yang mengirim jemaah haji.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Kabar Baik Jemaah Haji, Bisa Berangkat Tahun Ini".

Baca artikel berita ini :

https://www.inews.id/news/nasional/kabar-baik-jemaah-haji-bisa-berangkat-tahun-ini/2

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.