get app
inews
Aa Read Next : 5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Kotoran Gajah

Selain Gajah, Inilah Deretan Hewan Pemilik Gading

Senin, 21 Maret 2022 | 11:37 WIB
header img
4 hewan yang memiliki gading. FOTO/ IST

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Gajah bukan satu-satunya hewan yang memiliki gading. Selain Gajah, ada sejumlah hewan yang memiliki gading tersebut.

Deretan hewan ini menggunakan gading dalam berbagai aktivitas, mulai dari menggali lubang dan mengupas kulit pohon, hingga berkelahi.

Melansir dari SINDOnews.com, sebenarnya gading adalah gigi seri yang memanjang yang terus tumbuh sepanjang hidup mereka, memanjang dari dalam rahang atasnya.

Seperti dilansir dari A-Z Animals, berikut hewan yang memiliki gading selain gajah.

1. Babirusa

Babirusa merupakan salah aatu hewan yang memiliki gading selain gajah. Babirusa sering ditemukan di hutan hujan dan sepanjang air tawar di Sulawesi dan pulau-pulau disekitarnya. Gading yang berupa gigi taring atas babirusa jantan tidak ditemukan di mulutnya tetapi tumbuh dari sisi rahang atasnya sampai mereka menembus bagian atas moncongnya.

Kemudian, mereka melengkung ke belakang sampai mereka membentuk jenis sangkar di atas wajah babirusa. Babirusa juga memiliki taring yang lebih rendah menonjol melalui sisi mulut mereka.

Gadingnya begitu panjang dan melengkung sehingga mereka terlihat seperti tanduk rusa di wajahnya.

2. Babi Hutan

Babi hutan merupakan hewan yang memiliki gading selain gajah. Babi hutan bahkan mempunyai dua pasang gading. Gading atas biasanya lebih melengkung, sedangkan gading bawah lebih tajam dan lurus.

Gading atas digunakan oleh pejantan untuk bertarung dengan pejantan lain. Sementara itu, gading bawah biasanya digunakan saat dalam keadaan mendesak jika sedang dalam bahaya.

Karena gading bawah dapat menyebabkan cedera serius. Panjang taring berukuran 10 sampai 25 inci pada babi hutan dan lebih kecil pada induknya.

3. Walrus

Walrus jantan memiliki gading yang bisa tumbuh sepanjang 3,25 kaki dan beratnya 12 pon. Walrus betina juga memiliki gading tapi mereka lebih pendek.

Gading pada hewan ini digunakan untuk menggali lubang di gumpalan es yang terapung dan membantu hewan menarik keluar dari air.

4. Narwhal

Secara umum, hewan dengan gading memiliki dua gading, tetapi narwhal hanya memiliki satu, yang tumbuh di sisi kiri wajahnya.

Gading narwhal adalah gigi taring yang menembus bibir atas dan memiliki spiral searah jarum jam. Taring ini memiliki rongga dan dapat tumbuh hingga sepanjang 3 m dan seberat 10 kg.

Narwhal jantan menggunakan gadingnya untuk bertarung pada saat masa kawin, tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa para gading Narwhal bisa digunakan untuk berkomunikasi karena terdapat saraf di gading itu.

Gading ini juga digunakan untuk melubangi es di atas air sebagai lubang pernapasan dan untuk berburu mangsa.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 21 Maret 2022 - 03:39 WIB oleh Dominique Hilvy Febriani dengan judul "4 Hewan yang Memiliki Gading Selain Gajah - SINDOnews | Halaman 3".

Untuk selengkapnya kunjungi:

https://sains.sindonews.com/read/717603/768/4-hewan-yang-memiliki-gading-selain-gajah-1647677027/20

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut