Wabup Sidoarjo Mimik Idayana Tinjau Pelayanan di MPP dan RSUD, Ini Hasilnya?

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana mengunjungi dua tempat pelayanan publik. Yakni Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Lingkar Timur, dan RSUD RT Notopuro Sidoarjo, Senin (24/2/2025).
Kunjungan Wabup ini untuk memastikan pelayanan publik kepada masyarakat Sidoarjo berjalan optimal. Di MPP Lingkar Timur, ia melihat langsung bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat.
Dalam kunjungannya, Mimik juga sempat bertemu dan berdialog langsung dengan masyarakat di sana. Secara keseluruhan pelayanan yang diberikan sudah berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa titik yang harus diperbaiki.
Seperti fasilitas ruang tunggu yang menurutnya, harus ditambah dan dibuat senyaman mungkin, serta perlunya tambahan loket pelayanan agar tidak terjadi penumpukan antrian. “Secara keseluruhan pelayanan sampai saat ini berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa titik yang harus diperbaiki diantaranya untuk fasilitas ruang tunggu. Dan perlunya tambahan loket pelayanan agar tidak terjadi penumpukan antrian,”ucapnya.
Mimik Idayana juga meninjau langsung layanan dari Pengadilan Agama Sidoarjo, yang berada di MPP Lingkar Timur tersebut. Pelayanan pengajuan perceraian menjadi salah satu perhatian khusus darinya. Di sana ditemukan jumlah pengajuan perceraian yang bisa mencapai 80 orang per harinya.
Jumlah tersebut membuatnya prihatin. Ia ingin angka kasus perceraian yang terjadi bisa ditekan. “Pengajuan perceraian pada layanan Pengadilan Agama Sidoarjo di MPP ini bisa 80 orang sehari, sehingga perlu adanya bimbingan dan pembinaan pada saat pengajuan perkawinan supaya tidak terjadi perceraian,”ujar Mimik.
Dalam kesempatan itu, ia juga melihat langsung layanan Imigrasi. Ada beberapa sarana penunjang layanan yang menurutnya harus diperbaiki. Selain itu ia juga meminta fasilitas yang ada dapat dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan. "Harapan saya kedepan benar-benar bisa diperbarui dan diperbaiki, di beberapa titik pelayanan yang kurang, seperti ruang tunggu serta ruang pelayanan yang kurang layak, serta mobil layanan imigrasi yang telah lama tidak digunakan, saya akan komunikasikan kepada pihak imigrasi agar mobil layanan itu bisa dimaksimalkan," kata Wabup Sidoarjo.
Usai dari MPP Lingkar Timur, sidak dilanjutkan di RSUD RT. Notopuro Sidoarjo. Mimik meninjau langsung di ruangan layanan IGD, layanan rawat jalan, layanan fisioterapi sampai klinik anak.
Layanan itu berada di gedung lama dan gedung baru. Ia juga sempat berinteraksi dengan beberapa pasien yang dirawat dirumah sakit daerah tersebut. “Alhamdulillah mulai dari IGD, pelayanan di rumah sakit daerah ini sudah bagus pelayanannya, di IGD juga ada tambahan kamar sebanyak 12 dan ruangannya cukup luas dan nyaman,”ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Mimik Idayana memuji keramahan pelayanan yang ditunjukkan para tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut.
Menurut keramahan kepada pasien, seperti ini juga menjadi obat untuk mempercepat kesembuhan. Ke depan ia berharap RSUD RT. Notopuro Sidoarjo, tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh masyarakat. “Pelayanannya juga ramah, dokternya juga luar biasa, kedepan rumah sakit ini bisa terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dengan senyuman yang ramah,”ucapnya.
Editor : Yoyok Agusta Kurniawan