Logo Network
Network

Kisah Pilu PMI di Arab Saudi Sempat Tidak Digaji Selama 24 Tahun

iNew.id
.
Kamis, 17 Maret 2022 | 23:05 WIB
Kisah Pilu PMI di Arab Saudi Sempat Tidak Digaji Selama 24 Tahun
Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono (kiri), berbincang dengan TKI berinisial PUB(tengah) yang gajinya tidak dibayarkan majikan di Arab Saudi selama 24 tahun. (Foto: ANTARA)

JEDDAH, iNews.id –Kisah pilu dialami salah satu pekerja migran Indonesia berinisial PUB itu bekerja sebagai pembantu rumah tangga selama 24 tahun pada satu keluarga di Kota Abha, Arab Saudi.Namun selama itu pula PUB tidak menerima gaji.

Dengan bantuan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah berhasil menyelamatkan gaji  TKI di Arab Saudi tersebut. Besaran gaji yang berhasil diselamatkan mencapai 140 ribu riyal atau sekira Rp523 juta.

Masalah pembayaran gaji itu berhasil terungkap saat petugas di KJRI Jeddah mewawancarai PUB dan menanyakan apakah dia diperlakukan baik selama bekerja.

Petugas juga menanyakan apakah hak-haknya dipenuhi oleh majikan.

Kepada petugas, perempuan kelahiran Bandung pada 1968 tersebut mengaku belum pernah menikmati hasil jerih payah selama bekerja pada keluarga majikannya. Menanggapi situasi itu, petugas KJRI Jeddah memutuskan untuk segera mengamankan PUB di tempat perlindungan (shelter) KJRI sampai hak-haknya dibayar oleh majikan.

Pihak KJRI Jeddah lantas memanggil majikan PUB untuk menjelaskan permasalahan kelalaian pemenuhan hak-hak PUB sebagai pekerja. Keluarga majikan PUB pun akhirnya berjanji akan membayar semua gaji yang menjadi hak asisten rumah tangga itu.

Akan tetapi, mereka meminta waktu untuk menjual sebidang tanah milik sang majikan agar bisa membayar gaji PUB.

Sekitar satu setengah bulan kemudian, anak majikan kembali datang ke KJRI Jeddah dan menyerahkan hak PUB senilai 140 ribu riyal.

“Penyerahan dilaksanakan dengan berita acara serah terima yang ditandatangani oleh majikan, PUB, dan dua orang saksi,” ungkap KJRI Jeddah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (17/3/2022). Dikutip iNewsSidoarjo.id dari iNews.id Kamis, (17/3/2022)

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Eko Hartono mengatakan, kasus-kasus pekerja migran Indonesia, khususnya kelalaian pembayaran gaji dan tidak dipulangkan meskipun kontrak kerja telah berakhir, mendominasi permasalahan WNI di Arab Saudi.

“Persoalan ini dialami bukan saja oleh pekerja migran yang bekerja di sektor rumah tangga, tetapi ada juga yang bekerja di perusahaan,” kata Eko.

Kasus-kasus tersebut, menurut dia, sering kali berhasil diungkap saat WNI melakukan penggantian paspor dan pembaharuan perjanjian kerja.

“Ada juga yang kita ungkap saat kegiatan pelayanan terpadu ke daerah-daerah. Ada juga yang melalui laporan ke call center atau media sosial KJRI Jeddah,” ujar Konjen Eko.

Oleh karena itu, KJRI Jeddah terus memperkuat komunikasi dengan pihak-pihak berwenang terkait di Arab Saudi untuk membantu menyelesaikan berbagai perkara yang dialami pekerja migran Indonesia, termasuk masalah pembayaran gaji. iNewsSidoarjo.id

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Lagi, Majikan di Arab Saudi Ketahuan Tak Bayar Gaji Pembantu asal Indonesia Ratusan Juta Rupiah ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/lagi-majikan-di-arab-saudi-ketahuan-tak-bayar-gaji-pembantu-asal-indonesia-ratusan-juta-rupiah/2.
 

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini