Logo Network
Network

Bangkitkan UMKM di Sidoarjo, Food Court De'Kontjo Bebaskan Biaya Stand

Ichwan
.
Kamis, 10 Maret 2022 | 21:48 WIB
Bangkitkan UMKM di Sidoarjo, Food Court De'Kontjo Bebaskan Biaya Stand
Wakil Bupati Sidoarjo Saat Berada di Food Court De'Kontjo, Gedangan, Sidoarjo. ( Foto : Kominfo Sidoarjo )

SIDOARJO, Sidoarjo.iNews.id-Upaya Food Court De'Kontjo di Perumahan Puri Surya Jaya Gedangan, Kabupaten Sidoarjo mengratiskan biaya stand bagi pelaku UMKM mendapat respon positif dari Pemkab setempat.

Wakil Bupati Sidoarjo yang meresmikan tempat tersebut mengaku bangga dengan geliat UMKM seperti Food Court De'Kontjo karena akan membangkitkan perekonomian masyarakat.

Apalagi, lanjut dia, dengan kondisi pandemi saat ini pemerintah tengah berjuang keras membangkitkan perekonomian yang lesu akibat pandemi Covid-19.

"Pada hari ini teman-teman ikut berperan serta membangkitkan perekonomian masyarakat dengan membangun food court bagi UMKM di Kecamatan Gedangan,"ucapnya.

Perlu diketahui, Food Court De'Kontjo di Perumahan Puri Surya Jaya Gedangan, Kabupaten Sidoarjo merupakan upaya warga setempat lewat koperasi yang dibentuknya Kontjo Niaga, yayasan Kontjo Muslim untuk mengakomodir para UMKM di Kecamatan Gedangan.

Sekretaris Koperasi Kontjo Niaga Heri Purnomo menjelaskan berdirinya food court dilatarbelakangi keprihatinannya terhadap pelaku UMKM yang gulung tikar akibat pandemi. Dari situ ide mendirikan Food Court De'Kontjo berawal. 

Meski hanya mampu 11 pedagang, namun ia yakin keberadaan Food Court De'Kontjo akan mampu membangkitkan pelaku UMKM. 

"Kami ingin membantu meningkatkan ekonomi keumatan para pelaku UMKM dengan harapan usaha mereka kembali meningkat,"ujarnya.

Heri yang juga merangkap manager Food Court De'Kontjo mengatakan food court yang dikelolanya menggratiskan sewa tempatnya. Hanya saja pedagang dikenankan 10 persen dari nilai transaksi setiap harinya. 

Nilai tersebut untuk operasional food court tersebut seperti biaya listrik, air, sampah dan keamanan. Selain itu hasil dari food court tersebut juga diperuntukkan bagi anak yatim. 

Hal itu menjadi amanah pemilik lahan yang dipakainya sebagai food court yang telah menggratiskan biaya sewa lahannya seluas 15x15 m2.

"Sebagaian profit kami sisikan untuk anak yatim, 20 persen untuk food court, 30 persen untuk anak yatim dan 50 persen untuk koperasi, profit ini diambilkan dari 10 persen omset dari para tenant,"ujarnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.